Beranda - Headline - Irwan Prayitno Dilantik Jadi Mabida Pramuka Sumbar
Ketua kwarnas Gerakan Pramuka, Adyaksa Dault melantik Irwan Prayitno sebagai Mabida Pramuka Sumbar
Ketua kwarnas Gerakan Pramuka, Adyaksa Dault melantik Irwan Prayitno sebagai Mabida Pramuka Sumbar

Irwan Prayitno Dilantik Jadi Mabida Pramuka Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang -Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault melantik Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022.

Pelantikan digelar di Auditorium Gubernur pada Jumat, 2 Februari 2018, Pukul 10.00-11.30 WIB.

Mengenakan seragam Pramuka lengkap, Adhyaksa Dault memimpin upacara pelantikan yang dihadiri sekitar 500 anggota Gerakan Pramuka itu. Pelantikan juga dihadiri jajaran pejabat Pemerintah Daerah, Ketua Kwarcab dan anggota Gerakan Pramuka se-Provinsi Sumatera Barat.

Usai dilantik, Gubernur Sumbar itu ganti melantik Nasrul Abit sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022 beserta jajarannya. Ia juga melantik Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat masa bakti 2017-2022.

Adhyaksa Dault mengapresiasi Gubernur Sumatera Barat yang telah mendukung pendidikan karakter melalui Gerakan Pramuka. Ia berharap, dukungan kepada Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat agar terus berlanjut.

Menpora periode 2004-2009 ini juga mengapresiasi Nasrul Abit sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat. “Jalan-jalan ke muara, pergi-pergi pakai sandal jepit, dari semua Kwarda yang ada, yang paling gesit Kak Nasrul Abit,” ujar Adhyaksa Dault dengan senyuman. Sontak saja, tepuk tangan bergemuruh menyambut pantun tersebut.

Ia menambahkan,  Gerakan Pramuka sangat penting bagi masa depan Indonesia. Sebab, Gerakan Pramuka mendidik karakter generasi muda sebagai penerus estafet bangsa Indonesia. Pramuka saat ini kelak menjadi pemimpin bangsa Indonesia

“Indonesia luas sekali. Ada beragam suku, budaya dan bahasa di Indonesia. Wadah mereka  yang paling baik adalah Pramuka. Pramuka di manapun berada sangat berguna dan memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno. Menurut dia, dalam sejarah Indonesia tidak bisa dipungkiri Pramuka tampil di depan. Para tokoh dan senior telah menunjukkan perjuangannya, utamanya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pramuka harus terus dikembangkan. Insya Allah Pramuka dapat jadi tokoh dan teladan bagi kita semua, kepada generasi muda. Pramuka terbukti telah membantu membentuk karakter disiplin, amanah dan jujur generasi muda, ” ucapnya

Karena itu, Ketua Mabida Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat ini siap mendukung kegiatan kepramukaan. “Insya Allah siap membantu Gerakan Pramuka demi kepentingan pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) Sumatera Barat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, pendidikan kepramukaan berkontribusi dalam pendidikan nasional dan pembangunan karakter. Gerakan Pramuka juga membangun semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda.

“Karena itu, dibutuhkan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah melalui anggaran. Kita juga berharap kepada wartawan bisa bekerjasama untuk publikasi kegiatan-kegiatan Pramuka,” pungkasnya.

Di hari yang sama, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault meresmikan program Didikan Subuh Berbasis Pramuka di Masjid Nurul Iman Kota Padang. Hadir dalam agenda ini Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dan sekitar 2000 Anggota Gerakan Pramuka dan para orangtuanya.

“Bagus sekali program didikan subuh ini. Program ini beda dengan gerakan lainnya. Jika yang lain monoton, program didikan subuh ini menyenangkan, karena ada permainan-permainan,” terang Neyha Putri, salah satu orangtua murid mengaku senang mengikuti kegiatan ini.

Sebelumnya, Adhyaksa Dault meresmikan Tim Siber Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat di Kantor Kwarda, Kamis (1/2/2018) maam. Ia berpesan agar tim yang baru dibentuk ini menjadi pelopor internet sehat.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengatakan, setiap Pramuka adalah kantor berita. Kantor berita yang dimaksud adalah kantor berita positif. Dia berpesan agar Tim ini menjadi pelopor internet sehat.

“Selamat pada Kwarda Sumatera Barat, Tim Siber-nya sudah terbentuk. Semoga Kwarda lain segera juga membentuk Tim Siber. Semakin banyak Kwarda yang membentuk Tim Siber, semakin besar pula internet sehat,” paparnya.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Caleg DPRD Sumbar, Wiztian Yutri Maju Melalui PAN

Spiritsumbar.com, Padang – Lahan pengabdian itu bisa dimana saja. Itulah kini dijalani Wiztian Yutri, mantan Pemred ...