Beranda - Headline - Irdinansyah Tarmizi : Saatnya Manfaatkan Program Bank Nagari Syariah
Peresmian Peningkatan Status Cabang dan Gedung Baru Bank Nagari Syariah (BNS) Cabang Batusangkar,...
Peresmian Peningkatan Status Cabang dan Gedung Baru Bank Nagari Syariah (BNS) Cabang Batusangkar,...

Irdinansyah Tarmizi : Saatnya Manfaatkan Program Bank Nagari Syariah

Print Friendly, PDF & Email

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjadi pemegang saham terbesar kedua di bawah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan diposisi pertama tingkat Kabupaten/Kota dalam pemilikan saham pada Bank Nagari.

Namun kalau tidak ada penambahan modal tentu akan disalip sama beberapa daerah lain yang begitu jor-joran dalam pemilikan saham dan penyertaan modal Bank Nagari ini, sampai Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam acara Peresmian Peningkatan Status Cabang dan Gedung Baru Bank Nagari Syariah (BNS) Cabang Batusangkar, Selasa, (12/2/2019) di Parak Juar Lima Kaum.

“Penyertaan dan kepemilikan saham pada Bank Nagari, memang menjadi salah satu sektor yang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanah Datar dan ternyata PAD juga menjadi kedua terbanyak di bawah kota Padang yang memang selalu terbaik,” kata Irdinansyah.

Irdinansyah menambahkan, beberapa waktu lalu dilakukan survei terhadap pelaksanaan konversi atau perpindahan simpanan dari Bank Konvensional ke Bank Syariah. “Sesuai ajaran agama kita dan direstui para ulama di Sumbar, Bank Nagari Syariah menjadi pilihan untuk menyimpan modalnya sehingga bisa selamat dunia akhirat, dan Pemda Tanah Datar kalau hasil survei yang menyatakan keinginan untuk beralih ke Bank Syariah, tentu akan kita lakukan,” sampainya.

Kemudian Bupati juga menghimbau kepada segenap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk memanfaatkan program-program Bank Nagari Syariah (BNS). “Banyak program yang ditawarkan, kepada OPD terkait lakukan penjajakan kerja sama, dan masyarakat diharapkan juga beralih kepada BNS ini,” harapnya.

Yang perlu dilakukan pihak BNS ke depannya, kata Bupati Irdinansyah, melaksanakan berbagai sosialisasi. “Sebenarnya masyarakat banyak yang berminat memanfaatkan BNS ini, namun karena masih keterbatasan informasi masih belum banyak masyarakat yang tahu kelebihannya, karena itu kalau bisa ada sebuah mobil unit yang selalu berkeliling di pasar-pasar untuk memberikan informasi, laksanakan sosialisasi kepada para ulama, dan Videotron ini juga bisa dimanfaatkan,” tukas Irdinansyah.

Sebagai bentuk dukungan penuh, di kesempatan itu Bupati Irdinansyah menyampaikan ia akan mendaftar sebagai nasabah selepas acara itu. “Sesuai pepatah rang tuo kito, tukang mandi kudo tantu harus basah lo kalau mamandian kudo, maka selepas ini saya akan mendaftar sebagai nasabah dan besaran tabungan tentu rahasia,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah para undangan.

Sebelumnya Direktur Utama Bank Nagari Dedi Ihsan menyampaikan Bank Nagari Syariah (BNS) sudah ada lima kantor Cabang di Sumatera Barat. “Kita sudah resmikan dua yang baru yakni Bank Nagari Syariah Batusangkar dan Bukittinggi. Sebelumnya kita sudah ada di Kota Solok, Kota Padang dan Kota Payakumbuh,” katanya.

Dedi mengungkapkan, prinsip BNS berdasarkan ABS SBK dan prinsip-prinsip agama Islam. “BNS dalam menghimpun dana dalam bentuk program giro wadiah, giro muda laba, tabungan sikoci wadiah, tabungan sikoci muda laba, Tahari dan beberapa program lainnya yang sesuai prinsip Islam,” katanya.

Ditambahkan Dedi, dengan hadirnya Bank Nagari Syariah menambah perubahan iklim Perbankan termasuk di Tanah Datar. “Saat ini perbankan konvensional sudah bergerak untuk beralih ke sistem Syariah, sehingga bisa lebih meyakinkan bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk yakin memanfaatkan jasa perbankan dalam meningkatkan usahanya,” katanya.

Di kesempatan lainnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar Darwisman menyampaikan, empat tahun belakangan perkembangan Perbankan di Sumbar cukup menggembirakan. “Terjadi peningkatan setiap tahunnya, dimana pertumbuhan aset sekarang sudah capai angka 8.04% atau Rp.67,4 triliyun, kredit yang disalurkan pada Rp.51 triliyun lebih dan dana masyarakat yang dihimpun dalam bentuk giro, tabungan dan deposito tumbuh 8,11% pada angka Rp.4,1 Triliyun,” sampainya.

Dan lebih menggembirakan lagi, tambah Darwisman, perkembangan Perbankan Syariah juga mengalami peningkatan pertumbuhan yang bagus. “Aset perbankan syariah tumbuh pada 5,76%, dana masyarakat 11,88 % dan pembiayaan pada 5,39%, dan Bank Nagari Syariah menjadi posisi teratas dari Bank lainya di Sumbar,” tambahnya.

Akhir penyampaiannya Darwisman berharap terus dukungan Pemkab Tanah Datar agar BNS semakin baik dan besar di Tanah Datar khususnya. “Perlu dukungan dan sosialisasi pihak Pemkab kepada masyarakat, dimana BNS merupakan sistem perbankan yang bisa menghindari riba dengan sistem dan program yang halal sesuai ajaran Islam,” sampainya.

Sementara itu Kepala Bank Nagari Syariah Batusangkar Fitri Bahreni menyampaikan, selama beroperasi BNS Batusangkar sudah memiliki aset sampai Rp.106 Milyar. “Ke depan mari bersama kita manfaatkan BNS Batusangkar ini dengan maksimal, mari menabung di Bank ini, jangan risau ketika tarik uang karena ATM kita sudah banyak tersebar di wilayah Tanah Datar,” ajak Reni.

Turut hadir Forkopimda Tanah Datar, Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar, kepala OPD di lingkup Pemda Tanah Datar dan undangan lainnya. (David)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Final MKC II, Para Finalis Bakal Adu Suporter

SPIRITSUMBAR.com – Turnamen kolosal terbesar di Ranah Minang telah mencapai puncaknya. Empat tim bakal bertarung ...