Beranda - Headline - Irdam Imran : Segera Pugar Rumah Kelahiran Tan Malaka

Irdam Imran : Segera Pugar Rumah Kelahiran Tan Malaka

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Pandam Gadang – Keadaan rumah kelahiran Tan Malaka di Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota yang memprihatinkan mendapatkan perhatian dari Penasehat Komunitas Pemerhati Sumbar (Kapas) Irdam Imran saat berkunjung ke sana, Minggu (11/2/2018).

Disebutkan Irdam, sebagai Pahlawan Nasional sudah seharusnya rumah gadang tempat kelahiran Tan Malaka direnovasi dan dijadikan situs sejarah seperti halnya rumah kelahiran Bung Hatta di Aua Tajungkang Bukittinggi.

“Kondisi rumah gadang yang sekalian dijadikan museum itu terlihat tidak terawat. Beberapa bagian mulai dimakan rayap dan lantainya sudah pada lapuk,” ungkap Irdam.

Apa harus datang dulu Presiden RI Jokowi ke rumah kelahiran Tan Malaka, seperti halnya kedatangan ke rumah kelahiran Adinegoro di Talawi Sawahlunto, baru mendapat perhatian dan bisa direnovasi, tanya mantan Kepala Pusat Kajian Daerah dan Anggaran (Puskada) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Seharusnya, lanjut putera Kamang Mudiak Agam itu, Pemkab Limapuluh Kota dan Pemprov Sumbar memberikan perhatian serius terhadap rumah kelahiran Bapak Republik itu, mengingat jasa-jasanya terhadap bangsa dan negara yang sangat besar. (Rel)

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat tour ke Pasaman Barat (foto MO SPFC)

Kalah dari Semen Padang FC, Ini Kata Sekda Pasbar

Spiritsumbar.com, Padang Tujuah – Tim Semen Padang kembali berhasil meraih hasil positif dalam tour Sumbar, di ...