Beranda - Headline - Ini Penyebab Peserta Tes CPNS 2018 Gugur Berjamaah
Peserta Tes CPNS 2018 (foto BKN)
Peserta Tes CPNS 2018 (foto BKN)

Ini Penyebab Peserta Tes CPNS 2018 Gugur Berjamaah

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Peserta ujian CPNS 2018 telah berguguran secara berjamaah di seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Malahan, mereka yang lolos hanya 10 persen.

Peserta CPNS 2018 rata-rata tidak lolos SKD karena nilai mereka tidak melampaui ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan.

Tes Karakteristrik Pribadi (TKP) disebut-sebut menjadi penyebab utama banyaknya peserta CPNS 2018 tidak lolos SKD. Soal TKP SKD CPNS 2018 menjadi momok bagi para pelamar di CPNS 2018. Soal TKP merupakan tipe soal yang tak memiliki jawaban salah dan dirancang agar peserta memilih jawaban yang memiliki poin paling tinggi.

Pilihan jawaban dalam soal TKP memiliki poin 1 sampai 5. Soal TKP ini memiliki karakteristik soal yang amat sulit kerena memiliki jawaban yang sangat mengecoh. Hal ini membuat pelamar kesulitan memilih jawaban yang berpoin tinggi dan rendah.

Ditambah waktu pengerjaan yang dinilai pelamar mepet, sehingga tes TKP SKD CPNS 2018 disebut memiliki tingkat kesulitan yang amat sulit

Untuk lolos dalam tes SKD CPNS 2018, pelamar harus melewati passing grade yang sudah ditentukan pada tiap jenis soal. Di tes karakteristik pribadi (TKP) pelamar harus meraih passing grade minimal 143.

Untuk tes intelegensi umum (TIU), memiliki passing grade minimal 80 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) nilai minimalnya adalah 75.

Apabila pelamar CPNS 2018 tak mampu melewati batas passing grade yang telah ditentukan maka mereka dinyatakan gugur meskipun memiliki nilai total yang tinggi. Dampaknya banyak formasi jabatan yang kosong untuk tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

Di berbagai daerah terjadi tak terpenuhinya jumlah kursi yang diakibatkan terlalu banyak pelamar CPNS 2018 yang gugur di tes SKD.

Akibatnya muncullah gelombang protes dari pelamar CPNS 2018 yang gagal di tes SKD bahkan muncul petisi yang bertujuan untuk mendesak pemerintah menurunkan passing grade TKP SKD CPNS 2018.

Petisi ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan pelamar CPNS 2018. Ada yang menilai passing grade TKP masih masuk akal karena masih ada pelamar yang lolos dari tes ini.Akan tetapi banyak pelamar lain menilai angka passing grade TKP tak masuk akal.

Dengan adanya kejadian ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) menganggap serius. Kejadian gugur massal pelamar CPNS 2018 di tes SKD CPNS 2018 yang mayoritas disebabkan sulitnya soal TKP.

Selanjutnya : Peserta CPNS Gugur Masih Miliki Peluang, Ini Syaratnya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...