Beranda - Berita Pilihan - Ini Lima Sosok Peraih Nilai SKD Tertinggi Tes CPNS 2018
Peserta Tes CPNS 2018 (foto BKN)
Peserta Tes CPNS 2018 (foto BKN)

Ini Lima Sosok Peraih Nilai SKD Tertinggi Tes CPNS 2018

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com -Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah berlangsung 26 Oktober 2018 sampai hari ini.

Dalam ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 ini, terdapat tiga jenis materi yang diujikan, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU ) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar bisa lolos seleksi, peserta SKD CPNS 2018 harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan. Nilai ambang batasnya pun beragam, misalnya untuk formasi umum, nilai ambang batasnya itu 143 untuk TKP, 80 TIU, dan 75 TWK.

Namun sayangnya, kebanyakan pelamar CPNS harus melepas harapan alias gugur karena tidak lolos di tahap SKD. Kebanyakan peserta tidak lolos karena nilai TKP-nya tidak memenuhi ambang batas.

Tapi meski demikian, beberapa peserta SKD banyak juga yang lolos SKD. Beberapa di antaranya bahkan berhasil mendapat nilai tertinggi SKD.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, setidaknya ada lima peserta yang menjadi top scorer nilai SKD. Kelima orang ini melamar di instansi yang berbeda-beda. Ada yang melamar di kementerian, ada pula yang melamar di pemerintah daerah.

Mengutip Twitter resmi BKN, @BKNgoid,  sebagaimana dilansir liputan6.com, Jumat (9/11/2018), Lima sosok ini merupakan nilai tertinggi SKD saat ini.

Mereka adalah Petrick Septiar Arikalang, yang mengambil formasi dokter di Kab Minahasa Tenggara dan mendapat lokasi tes SKD di tilok Kanreg BKN Manado. Petrick meraih jumlah tertinggi saat ini dengan nilai terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 145, TIU (Tes Intelegensia Umum) 115, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 153. Dengan total nilai 413.

Berikutnya, Anis Andayani yang merupakan calon bidan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan mendapat lokasi tes SKD di tilok Tegar Beriman Bogor ini, meraih jumlah skor tertinggi saat ini dengan nilai terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 140, TIU (Tes Intelegensia Umum) 125, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 147. Total nilai Anis 412.

Peringkat ketiga diraih Diah Armyati yang berhasil mendapat nilai SKD sebesar 411. Jumlah skor Diah terdiri dari nilai TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 135, TIU (Tes Intelegensia Umum) 125, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 151. Wanita yang merupakan pelamar instansi Kementerian Kesehatan ini mendapat lokasi tes SKD CPNS 2018 di Poltekkes I Jakarta.

Peringkat keempat diisi Bonar Mangara Trijaya Manurung dengan total skor 411.  Jumlah skor Bonar terdiri dari nilai TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 125, TIU (Tes Intelegensia Umum) 130, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 156. Pria yang merupakan pelamar instansi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) ini mendapat lokasi tes SKD CPNS 2018 di Kanreg III BKN Bandung.

Santi Apriani berada pada peringkat kelima, engan nilai tes SKD CPNS 2018 yang menembus angka 402.Jumlah skor tersebut terdiri dari nilai TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 125, TIU (Tes Intelegensia Umum) 125, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 152.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pitih Baru Hari Rayo

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar) Tidak beberapa lama lagi bulan suci Ramadhan akan ...