Beranda - Headline - IKA Unand Bahas Energi Terbarukan

IKA Unand Bahas Energi Terbarukan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Ikatan Keluarta Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) menggelar Dialog Kedjajaan Bangsa di sekretariatnya, Sabtu (3/2/2018) sore.

Dialog yang mengupas tentang Energi Terbarukan itu menghadirkan narasumber, Guru Besar Universitas Pertanian Unand, Prof. Reni Maryeni, Praktisi Surya Triharto dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Koperasi RMP Saiyo, Kecamatan Lunang, Fitra Jaya Piliang.

Dalam paparannya, Surya Triharto mengatakan energi terbarukan belum mampu mengalahkan energi fosil. Maka ujarnya, saat ini energi fosil masih menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia. Padahal, ketersediaan energi fosil makin menipis di Indonesia.

Sementara, Reni Maryeni melihat perhatian pemerintah terhadap energi terbarukan masih sangat minim. Padahal, potensi energi ini sangat besar. “Di Bali, mereka telah menggunakan bambu sebagai sumber energi. Sementara, beberapa kawasan di Sumbar juga ada lokasi yang sangat strategis untuk ditanam bambu,” ujarnya.

Malahan, ujarnya bambu juga bisa berperan untuk menetralisir tanah yang telah dipenuhi pupuk kimia. Dia mencontohkan sayuran di Tanah Datar yang selalu dipupuk dengan bahan kimia. Hal ini ujarnya, juga bisa dinetralisir dengan tanaman bambu. “Jadi bambu itu tidak saja berfungsi sebagai energi terbarukan. Lebih dari itu juga bisa dimanfaatkan untuk menetralisir tanah yang telah terkotaminasi pupuk kimia,” ujarnya.

Sementara, Fitra Jaya Piliang lebih menekankan pada regulasi pemerintah terhadap energi terbarukan. Dia melihat pemerintah tidak konsisten terhadap regulasi. Padahal ujarnya, energi terbarukan butuh regulasi yang jelas dan tegas. (SALIH)

 

 

 

 

 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dharmasraya Kembali Raih WTP

Spiritsumbar.com РPemerintah Kabupaten Dharmasraya kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas Laporan Keuangan Pemerintah ...