Beranda - Pariwisata - Event - HUT 127, Sawahlunto Akan Gelar Lomba Lari Yang Tak Terlupakan
Salah satu situs sejarah Sawahlunto - Dok/Spirit Sumbar

HUT 127, Sawahlunto Akan Gelar Lomba Lari Yang Tak Terlupakan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Menyambut Hari Ulang Tahun Kota Sawahlunto ke 127, Pemko Sawahlunto berencana menggelar lomba lari wisata yang tak terlupakan. Lomba lari yang dinamakan Memorable of Sawahlunto Night Run 1888 meter ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari dari 28 s/d 29 November 2015.

Drs.Marwan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto selaku pelaksana kegiatan ini mengatakan ada banyak alasan mengapa lomba lari satu ini bisa dikatakan tak terlupakan. Pertama, karena lomba lari ini berbeda dari lomba lari yang pernah diselenggarakan sebelumnya. Dan Sawahlunto adalah satu-satunya di dunia yang menyelenggarakan lomba lari dengan jarak tempuh hanya 1.888 meter.

Pada ulang tahun kota sebelumnya, Sawahlunto menyelenggarakan lomba marathon dengan jarak tempuh 18,88 km tapi di tahun ini hanya 1.888 meter. Angka 1.888 ini diambil agar semua orang mengingat tahun kelahiran Kota Sawahlunto. “Jarak terpendek tapi hadiah terbesar” ujar Marwan. Selain itu lomba ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut baik dari kalangan professional, pemula.Bahkan untuk mereka yang berusia diatas 40 tahun. Karena ada 4 kelas yang akan dilombakan.

Yaitu Diamond class, ditujukan untuk kalangan atlet professional dengan total hadiah 49,278 juta rupiah, Gold class ditujukan untuk kalangan berusia 40 tahun keatas dengan total hadiah 8,888 juta rupiah.

Sementara untuk kalangan pelajar juga ada yaitu Silver Class ditujukan untuk pelajar SLTP dan SLTA dengan total hadiah 7,88 juta rupiah untuk putra dan 7,88 juta untuk putri serta Bronze Class untuk pelajar SD dengan total hadiah yang sama. Panitia juga akan membagikan door prize yang cukup besar sejumlah 8,888 juta rupiah untuk memeriahkan acara ini

Uniknya lomba diselenggarakan bukan di pagi hari seperti biasanya, tetapiakan diadakan pada malam hari di kawasan kota tua. Ini adalah gagasan Walikota dengan tujuan untuk mempromosikan keindahan suasana kota tua pada waktu malam.

Dengan Jarak tempuh yang cukup pendek ini diharapkan animo masyarakat untuk mengikuti akan lebih besar dari tahun sebelumnya. Lomba ini juga ditujukan untuk menjaring bakat-bakat generasi muda di bidang atletik.

ERNI

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Anggota Pramuka Bak Tunas Kelapa

SPIRITSUMBAR.com – Setiap anggota pramuka harus serba guna seperti lambang pramuka yaitu tunas kelapa yang ...