Beranda - Headline - Humas Kota Padang Kampanye Viralkan Kabar Baik
Humas Padang ssat menghadiri City Government PR Summit
Humas Padang ssat menghadiri City Government PR Summit

Humas Kota Padang Kampanye Viralkan Kabar Baik

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com –  Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padang menghadiri Indonesian City Government Public Relation (PR) Summit atau pertemuan humas pemerintah daerah se-Indonesia yang diselenggarakan di Ballroom Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (3/10/2018).

Kepala Bagian Humas Setda Kota Padang Imral Fauzi pun terlihat mengikuti serangkaian kegiatan dari pembukaan hingga penutupan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dalam sambutannya menyampaikan bahwa humas di era digital tidak cukup menjalankan tugas dan fungsi klasiknya sebagai juru bicara pemerintah. Humas di era digital dituntut mampu menjalankan fungsi sebagai orang pemasaran (marketing), bahkan customer service jika diperlukan.

“Medan kerja humas kini tidak hanya sebatas pemerintah daerah saja sebagai sebuah lembaga, tapi juga daerah masing-masing. Inilah yang orang bilang dengan sebutan city branding. City branding, merupakan upaya membentuk identitas daerah sehingga dipersepsikan baik oleh semua orang. Tidak saja oleh warga kota, tapi juga publik di luar daerah bahkan sampai dunia internasional,” katanya.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana menambahkan, Indonesian City Government PR Summit 2018 merupakan even yang pertama diselenggarakan untuk kategori city government atau humas pemerintah. Tema yang diangkat yaitu city branding.

“Acara ini dimaksudkan sebagai wadah humas pemerintah daerah di seluruh indonesia untuk saling belajar, saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam membangun identitas dan integritas daerah masing-masing. Pada gilirannya, citra baik yang dibangun humas pemerintah daerah bisa membawa multiplier efect di bidang ekonomi dan pariwisata yang ujung-ujungnya adalah meningkatkan taraf ekonomi rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil mengemukakan, pranata humas pemerintah daerah harus mampu melakukan paling tidak tiga hal di antaranya adalah mengelola kabar baik. Meskipun kabar baik itu kurang diminati, Humas tetap harus konsisten memberitakannya.

“Kedua, damage kontrol berita buruk. Di sini yang penting adalah kita gesit dalam menjawab suatu pertanyaan terutama kalau ada komplen. Terakhir, pemimpin daerah adalah wajah dari daerahnya. Di era media sosial seperti saat ini, pemimpin bisa memanfaatkannya dengan hanya posting berita baik seperti agenda kegiatan, posting nasihat, dan menyampaikan dengan kalimat non formal,” beber pria yang cukup aktif bermedia sosial itu.

Dalam Indonesian City Government PR Summit juga diselingi dengan agenda Kampanye #ViralkanKabarBaik yang bermaksud kampanye untuk mengajak para pranata humas pemerintah daerah se-Indonesia untuk berkomitmen dan mendukung penyebaran berita-berita positif. Kampanye tersebut salah satunya dengan menggunakan tanda pagar (tagar) #ViralkanKabarBaik di media sosial.

Selain itu, ada pula plenary session yang menghadirkan para pakar di bidang komunikasi dan City Branding, seperti Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Adita Irawati, serta Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Selamatta Sembiring.

Kemudian juga hadir, Associate Industry Head Government Public Services of Markplus Inc. Setyo Riyanto, dan Direktur London School of Public Relations Jakarta Prita Kemal Gani.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...