Beranda - ADVERTORIAL - Hidup Hemat, Bumi Selamat (2)
Saribulih
Saribulih

Hidup Hemat, Bumi Selamat (2)

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Saribulih
Kita tahu, salah satu penyebab pemanasan global adalah meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Seperti penggunaan kendaraan bermotor, pembakaran sampah, penggunaan bahan bakar fosil dan sebagainya.

Karbon Dioksida (CO2) merupakan salah satu gas rumah kaca yang saat ini mengalami peningkatan yang signifikan di atmosfer bumi. Nah, salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global adalah dengan mengurangi konsentrasi CO2 di udara. Diantaranya adalah dengan memperbanyak pohon dan tanaman lain yang memiliki kemampuan menyerap CO2.

Menanam Pohon dipekarangan rumah kesannya sangat sederhana, tapi berdampak sangat besar didalam kehidupan manusia dan lingkungan. Kita bisa menanam pohon/tanaman kecil seperti cabai, tomat, strawberry, dan sebagainya.

Ini juga bentuk partisipasi didalam kampanye melawan global warming dan berusaha untuk memperindah pekarangan rumah kita. Menanam pohon juga berarti belajar, belajar bertanggung jawab, belajar sabar, dan belajar bekerja keras.

Seberapa pun luas halaman rumah kita, manfaatkan setiap jengkalnya untuk menanam pohon, bunga atau tanaman apa saja. Karena setiap tanaman pada dasarnya memiliki kemampuan menyerap CO2. Jika halaman kita sangat sempit, tanam tanaman dalam pot atau taman vertikal. Lingkungan yang hijau oleh tanaman juga akan terasa lebih sejuk. Karena, tanaman selain menyerap CO2 juga mengeluarkan udara segar.
Untuk itu penghijauan dengan menanam pohon di area rumah, dan lingkungan kawasan pemukiman sangat dianjurkan untuk mengurangi polusi udara, sehingga terbebas dari karbondioksida yang sangat berbahaya setelah terserap dari tumbuhan di sekeliling yang ditanami pepohonan. Udara yang tercemar dengan asap baik dari rokok, kendaraan, kebakaran, ataupun lainnya maka akan merusak sistem pernapasan mahluk hidup, tidak hanya manusia, akan tetapi juga hewan.

Jadi yang terpenting tujuan penghijauan agar karbondioksida yang dihasilkan mesin-mesin industri dan kendaraan bermotor, dapat diserap oleh tumbuh-tumbuhan. Demikian pula halnya dengan debu-debu yang berterbangan di udara, bila bersentuhan dengan daun-daunan akan lengket pada daun, dan ketika hujan turun akan dibawa oleh air hujan jatuh ke tanah.

Dengan demikian, penghijauan dapat pula mengurangi debu-debu yang berterbangan di udara. Sudah saatnya kita turut ambil bagian dalam menggalakkan penghijauan. Baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama teman, ikut mempelopori penghijauan di lingkungan masing-masing.  (*)

Sebelumnya :

Hidup Hemat, Bumi Selamat (1)

Memanjakan Bumi

Lebih lengkap di versi cetak:

Polisi baca The Public
Polisi baca The Public
loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Jelang Hadapi PSS Sleman, Pelatih Semen Padang FC Tambah Amunisi

SPIRITSUMBAR.com – Semen Padang FC bakal menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam laga kedua, Liga ...