Beranda - Bisnis - Heboh Tangki Modifikasi, Pertamina Gelar Sosialisasi
Sosialisasi Tanki modifikasi oleh Pertamina
Sosialisasi Tanki modifikasi oleh Pertamina

Heboh Tangki Modifikasi, Pertamina Gelar Sosialisasi

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Maraknya penggunaan tanki telah menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Apalagi, keberadaan tanki modifikasi itu telah menimbulkan kebakaran di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Salah satunya, kebakaran yang menghanguskan SPBU di Gaduik, Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, pada Oktober tahun lalu. Turut hangus satu unit mobil carry.  Penyebab insiden diindikasikan akibat mobil carry mengisi BBM menggunakan tangki tambahan hasil modifikasi.

Kebakaran di Gaduik, adalah satu dari tiga insiden kebakaran di Sumbar yang diakibatkan kondisi kendaraan yang tidak memenuhi standar. Tangki modifikasi, menjadi pemicu utama. Karena kualitasnya yang buruk, alhasil rawan memantik api.



“Meski di Sumbar terjadi penurunan jumlah insiden kebakaran pada 2019 dibandingkan 2018 sebanyak 17 persen. Namun tiga insiden kebakaran tersebut menjadi perhatian utama kami. Oleh karenanya, hari ini Pertamina meluncurkan kampanye keselamatan SPBU,” ujar Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I.

Artikel Lainnya

loading…


Kampanye keselamatan digelar mulai Senin (10/2/2020) hingga Selasa (18/02) di delapan SPBU. Yaitu di SPBU 14251519 Sawahan Kota Padang, SPBU 14251507 Gajah Mada Kota Padang, SPBU 11251502 Ulak Karang Jalur Ramai, SPBU 14251523 Khatib Sulaiman Kota Padang, SPBU 14261530 Gadut Kota Bukit Tinggi, SPBU 13262511 Kabupaten Limapuluh Kota, SPBU 13264518 Kab. Solok, dan SPBU 13275505 Kabupaten Dharmasraya.

Sales Area Manager Sumbar, Made Wira, pada pembukaan kegiatan sosialisasi di SPBU 14.251.519 Sawahan Kota Padang (10/2/2020), menghimbau konsumen agar senantiasa mematuhi aturan dalam pengisian BBM.

“Pada kampanye keselamatan ini kami memberikan edukasi kepada konsumen agar tidak merokok dan menyalakan api di SPBU. Kami juga sosialisasikan kembali agar mematikan mesin kendaraan dan menonaktifkan telepon genggam saat mengisi BBM. Dan yang sedang gencar dilaksanakan sidak belakangan, tidak mengisi BBM ke tangki modifikasi,” ujar Wira.

Pada kesempatan itu, konsumen yang kedapatan mematuhi aturan mendapat apresiasi. Konsumen yang beruntung, membawa pulang souvenir menarik seperti tumbler, bantal leher, payung lipat, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Kampanye keselamatan SPBU ini merupakan rangkaian peringatan bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan) di Pertamina MOR I. Selain kampanye keselamatan, juga akan dilaksanakan pelatihan personil TNI sebagai awak mobil tangki (AMT).

Untuk meningkatkan kepatuhan SPBU, lanjut Wira, pihaknya juga sudah menerbitkan surat edaran pada SPBU. Dalam surat edaran tanggal 5 Februari 2020, SPBU dilarang melayani pembelian Premium dan Biosolar bersubsidi. Utamanya kepada kendaraan dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang telah kadaluarsa. Kendaraan tanpa plat nomor, belum melunasi pajak, dan kendaraan dengan tangki modifikasi serta pelangsir juga dilarang. (Salih/Rel)



 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Batuk Berminggu, Waspadai Penyakit Ini

Spiritsumbar.com, Pasaman Barat – Ketua TP. PKK Pasbar, Ny. Sifrowati Yulianto meminta kepada masyarakat Jorong Toluk ...