Beranda - Berita Pilihan - Heboh, Sate Daging Babi Beredar di Padang
Sate Daging Babi yang diamankan aparat Pemko Padang
Sate Daging Babi yang diamankan aparat Pemko Padang

Heboh, Sate Daging Babi Beredar di Padang

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Entah apa yang terpikir oleh pedagang ini dengan beraninya menjual sate daging babi di Kawasan Bundaran Simpang Haru, depan SMK 2 Padang, Sumatera Barat.

Akhirnya tindakan busuk ini tercium oleh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kota Padang. Seluruh daging sate diamankan di Makko Satpol PP Kota Padang, Senin (28/1/2019) sore.

Kepala Dinas Perdagangan, Endrizal pada wartawan mengaku, pihaknya mendapat laporan dari warga beberapa waktu lalu. Ada pedagang sate yang diduga menjual daging babi.

Laporan warga ditindaklanjuti,  petugas secara diam-diam melakukan pengecekan ke pedagang sate dengan merek gerobak “KMS B” di bundaran Simpang Haru.

“Daging sate diambil untuk dijadikan sampel uji labor. Setelah dinyatakan positif mengandung babi oleh Balai Veteriner Regional 2 Bukittinggi, Dinas Perdagangan kemudian mengamankan daging tersebut,” ujarnya.

Awalnya pedagang tersebut bersikeras bahwa dia tidak menjual sate dengan menggunakan daging babi.

Puluhan tusuk sate daging babi ditemukan dalam got
Puluhan tusuk sate daging babi ditemukan dalam got

Namun, petugas tak percaya begitu saja. Tim Pemko Padang yang terdiri dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pangan, Satpol PP dan instansi terkait lainnya menelusuri tempat memasak sate di kawasan Asrama Tentara AD yang letaknya tak jauh dari tempat berdagang.

Video : Penemuan sate daging babi di Padang

Tiap sudut rumah tempat memasak pedagang tersebut ditelusuri tim Pemko Padang. Hingga akhirnya puluhan tusuk sate ditemukan di dalam got yang sengaja dibenamkan oleh pedagang.

Kepala Dinas Pangan, Syahrial mengatakan menjual daging babi secara terang-terangan telah melanggar Undang-undang Pangan. Pedagang dapat dikenakan sanksi berupa kurungan dua sampai lima tahun atau denda sebesar Rp6 miliar.(*)

Selanjutnya :

Penjual Sate Daging Babi Diamankan

Aparat Amankan Pemasok Daging Babi Sate KMS

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Karakter Dalam HOTS Matematika

Oleh : Ike Fitri Wardani  (Guru SMAN 1 Timpeh) Beberapa peristiwa fenomenal mengejutkan baru-baru ini ...