Beranda - Headline - Hari Lahir Pancasila, Satukan Pikiran untuk Persatuan
Hari Lahir Pancasila
Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila, Satukan Pikiran untuk Persatuan

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar), menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 di halaman kantor bupati setempat, Senin (4/6/2018).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 diikuti oleh jajaran TNI, Polri dan ASN dilingkungan Pemkab Pasbar dan berlangsung kidmat.

Menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesia (RI), Bupati Pasbar, H. Syahiran yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa upacara digelar untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.



Sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 adalah jiwa besar para tokoh Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa asing,” tutur Syahiran.

Artikel Lainnya

loading…


Disampaikannya, komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus dilakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Thaun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila.

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya. “Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu cita-cita bangsa sesuai Pancasila. Seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan,” katanya.

Lanjutnya, tidak ada juga pilihan lain bagi bangsa ini kecuali harus kembali kepada jati diri bangsa yang santun, berjiwa gotong royong, toleran, adil dan makmur.

Diakhir amanatnya, Syahiran berpesan untuk kepada segenap masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan dan persaudaraan, saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. “Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia. Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila, Saya Indonesia. Saya Pancasila,” pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dihalaman kantor Bupati setempat diakhiri dengan penyerahan 22 unit traktor tangan oleh bupati Pasbar kepada 22 Kelompok Tani (Keltan) dari 11 Kecamatan yang ada di Pasbar. (Buyung)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Suporter Semen Padang FC tumpah saat menghadapi Kalteng Putra di match 6 Liga 2 (foto Saribulih)

Kalah dari Semen Padang FC, Kalteng Putra Ngamuk

Begitu babak kedua dimulai, Semen Padang kembali melakukan serangan bergelombang. Apalagi, target selisih 2 gol ...