Beranda - Berita Pilihan - Hampir Semua Daerah di Sumbar Dihantam Banjir dan Longsor
evakuasi korban longsor di Tanjung Bonai, kabupaten Tanah Datar
evakuasi korban longsor di Tanjung Bonai, kabupaten Tanah Datar

Hampir Semua Daerah di Sumbar Dihantam Banjir dan Longsor

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com -Hujan deras yang mengguyur Ranah Minang dari Kamis (11/10/2018) sore hingga Jumat (12/10/2018)  dini hari telah menimbulkan bencana.

Ribuan rumah terendam banjir yang menyebar di 11 kabupaten dan kota di Sumbar. Daerah yang mengalami banjir dan tanah longsor itu berada di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Pesisis Selatan.

Baca : Hujan Deras, Banjir dan Longsor Hantam Pessel

Selanjutnya,  Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat,  Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Agam
Banjir juga terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Solok.

Malahan, banjir di Kabupaten Tanah Datar menyebabkan 3 orang tewas akibat terseret banjir badang dan tanah longsor di Jorong Piubuh, Nagari Tanjung Bonao, Kecamatan Lintau Buo Utara. Sementara empat lainnya dinyatakan hilang.

Tanah longsor juga terjadi di Kabupaten Padang Pariaman. Tiga bocah bersaudara meninggal dunia setelah rumahnya tertimbun longsor.  Peristiwa yang menewaskan tiga bersaudara di Padang Pariaman, terjadi di Nagari Parit Malintang, Korong Padang Toboh, Kecamatan Enam Lingkung terjadi pada, Rabu (10/10/2018) malam.

Korban tidak tahu bencana datang karena sedang tertidur pulas. Diketahui, korban berasal dari Sungai Geringging dan memiliki pondok pembuatan batu bata di Parit Malintang. Mereka yang tewas adalah Nando (9) kelas 3 SD, Restu (5) dan Raka (6 bulan). Sementara, Risma (62) dirawat di RSUD.

Sedangkan,  Wisnu, (45) kepala keluarga dan Ratnawati  (33)  ibu rumah tangga, selamat dalam.musibah tersebut. “Mudah-mudahan, mereka ditempatkan ditempat yang baik disisi Allah Swt. Yang sakit disembuhkan NYA dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran. Aamiin Yarabbal’alamiin,” ujar Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman.

Baca : Enam Nyawa Melayang Akibat Banjir dan Longsor

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Provinsi Sumatera Barat Rumainur, banjir dan tanah longsor melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat. Petugas BPBD dan Basarnas sedang berusaha mengevakuasi warga yang terjebak banjir di berbagai wilayah di Sumbar. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Muara Enim belajar e-warung

Muara Enim Pelajari e-Warung Pemko Padang

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menjadi acuan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Kali ...