Minggu , 23 September 2018
Beranda - Headline - Hampir 50 Persen Pengeluaran Rumah Tangga Adalah Makanan
Pencanangan mandiri pangan di Pasaman Barat
Pencanangan mandiri pangan di Pasaman Barat

Hampir 50 Persen Pengeluaran Rumah Tangga Adalah Makanan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Ranah Batahan – Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Nevi Irwan Prayitno, menyebutkan pencanangan rumah pangan tingkat Sumbar pada 82 nagari yang tersebar di Sumbar.

Hal itu dikatakannya saat meluncurkan Nagari Mandiri Pangan di Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Kamis 15 Maret 2018.

“Kita ingin punya ketahanan pangan dengan baik yang dimulai dari nagari. Sebab pangan adalah kebutuhan hidup manusia, sesudah air dan udara. Saat ini semua harga pangan naik, seperti bawang, telur, dan sayuran lainnya. Kondisi itu jangan dibiarkan, maka optimalkan pemanfaatan lahan pekarangan, sebab tak semuanya dibeli di pasar,” sebut Nevi.

Nevi menyebutkan, bahwa hampir 50 persen pengeluaran rumah tangga adalah makanan. “Maka kalau mau menghemat belanja dapur akan hemat 50 persen,”sebut Nevi.

Disebutkan, dengan meningkatkan keanekaramanan tanaman pangan dapat memenuhi gizi keluarga. “Nan di laman untuk di makan, nan di parak baok ka pakan,” sebut Nevi berfalsafah.

Bupati Pasbar H Syahiran menyebutkan, Desa Baru daerah berbatasan dengan Sumut, oleh karenaya perlu dilestarikan penanaman pangan. “Mari manfaatkan lahan kosong, sehingga Desa Baru keluar dari daerah tertinggal. Sebentar lagi Pelabuhan Teluk Tapang kita selesai mari manfaatkan,” sebut Syahiran.

Dia juga berpesan masyarakat agar kompak dan bersatu untuk membangun. Maka berupayalah saling bahu membahu membangun daerah seperti jalan dan sekolah, pemerintah akan siap membantu.

Peluncuran Nagari Pangan Mandiri tersebut, dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat H Syahiran, Wabup Yulianto, Kapolres AKBP Iman Pribadi Santoso, Forkopimda, Ny Nevi Irwan Prayitno, Ketua TP PKK Hj Yunisra Syahiran, dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Pasbar, Sukarli dan Kepala OPD se Pasaman Barat. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Minat Penentu Kesuksesan

Oleh: Yoan Valenza (Siswa SMAN.1 Pulau Punjung ) Menurut hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa kurangnya ...