Beranda - Pendidikan - Artikel - Guru Seksi Penyebar Prestasi

Guru Seksi Penyebar Prestasi

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Donni Saputra ( Kepala SDN. 12 Api-Api Kecamatan Bayang Pesisir Selatan)

Jangan ngeress dulu bro, jaman dulu guru mengajar ke sekolah memakai pakaian rok selutut , pakei sanggul segede roda Vespa, tanpa jilbab. Alhamdulillah sekarang guru sudah memakai jilbab.

Jadi guru seksi disini maksudnya, adalah S yang pertama, guru harus Smart. Smarts maksudnya adalah seorang guru harus mempunyai tujuan yang jelas dalam menyampaikan pembelajaran. Kemudian sasaran atau tujuan yang dibuat tersebut harus terukur.  Tujuan yang ditentukan harus dapat dicapai melalui usaha-usaha yang menantang dan harus berdasarkan kemampuan yang dimiliki.  Tdak kalah menariknya adalah tujuan yang dicapai tersebut harus realistic atau masuk akal kemudian dalam mencapai tujuan tersebut harus mempunyai batas waktu dalam artian harus tuntas sesuai waktu yang ditentukan

E disini maksudnya adalah guru harus Elegant, menurut pengertian yang saya ambil dari kamus besar bahasa Indonesia arti kata elegan adalah elok, rapi, anggun, luwes. Guru merupakan contoh bagi siswanya.

Maka seorang guru tersebut harus berpenampilan rapi, elok, anggun dan luwes.  Sehingga guru benar-benar prima berdiri di depan kelas dan dapat menarik perhatian siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena apabila siswa sudah dapat dikuasai maka penyampaian pembelajaran akan terlaksana sesuai perencanaan.

Dan perlu juga diingat jangan juga guru terlalu berdandan norak.  Karena ini akan membuat pemikiran siswa terpecah antara memperhatikan guru menyampaikan pembelajaran atau menertawakan guru dalam hati.

K disini adalah guru harus Kharisma. Menjadi orang yang karismatik memang sangat membanggakan karena bisa menjadi pusat perhatian orang-orang.

Orang kharismatik mampu membangun dan menjaga hubungan baik dan secara konsisten bisa mempengaruhi orang-orang di sekitarnya dengan cara yang positif. Sikap ini harus dimiliki oleh seorang guru. Karena guru harus menjadi pusat perhatian siswa dan juga akan mempengaruhi para siswanya dalam proses belajar mengajar. Sehingga bakat dan minat para siswa benar benar dapat tersalurkan dengan baik.

S yang dimaksud adalah, guru harus Solusion .Solution berarti cara pemecahan atau penyelesaian suatu masalah dan dapat mencarikan jalan keluarnya. Di sekolah banyak masalah yang dihadapi oleh para siswa, mulai dari proses belajar mengajar sampai masalah siswa dalam keluarganya.

Guru adalah orang tua siswa yang berada disekolah oleh sebab itu para guru harus pintar-pintar mencarikan arternatif yang baik untuk mencarikan solusi dari masalah masalah yang dihadapi para siswa

I yang dimaksud adalah, guru harus Inovatif . Inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya.  Untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang.

Guru adalah manajer dikelas dan mempunyai tanggung jawab dalam memenej pembelajarannya,baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran. Maka dalam hal ini seorang guru harus mampu memanipulatif benda benda yang ada disekitar siswa sebagai alat pengantar pembelajaran. Serta menciptakan media- media pembelajaran yang baru dengan memanfaatkan benda-benda yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Jadilah guru yang selalu seksi di depan kelas. Sehingga para siswa merasa nyaman menerima pembelajaran. Juga,  bersemangat datang ke sekolah tanpa dibebani perasaan takut salah dan takut dihukum. Mampu melahirkan siswa siswa yang cerdas dalam berpikir, dan berkarater dalam bertingkah laku sesuai dengan rohnya kurikulum 2013.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Komplek Kauman Padang Panjang

Thawalib Padang Panjang Rengkuh Kejayaan Masa Lalu

SPIRITSUMBAR.com – Menyusul “serbuan” pelamar pada 2018 lalu, Perguruan Thawalib Padangpanjang terus berinovasi memacu kebangkitan ...