Beranda - Pendidikan - Artikel - Guru Harus Tahu

Guru Harus Tahu

Print Friendly, PDF & Email

Pada Kurikulum 2013 penekanan pada jenjang pengetahuan lebih diarahkan pada proses keterampilan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) yang disingkat dengan HOTS.

Pembelajaran HOTS bukan berarti pembelajaran yang sulit dan rumit. Akan tetapi pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan dengan mengajak anak untuk bisa menganalis sebuah keadaan dengan menggabungkan beberapa konsep pengetahuan yang telah dimilikinya.

Ada anggapan sebagian guru bahwasanya soal HOTS merupakan soal yang sulit. Sebenarnya tidak juga, ada soal yang sulit tapi tidak HOTS karena tidak membutuhkan analisis untuk menjawabnya. Sebagai contoh, tahun berapakah Tuanku Imam Bonjol wafat.



Mungkin soal ini bisa dikategorikan sulit untuk menjawabnya. Akan tetapi soal ini sebenarnya baru sebatas ingatan (C.1), yang masih berada pada jenjang Low Order Thinking Skill (LOTS).

Artikel Lainnya

loading…


Untuk soal HOTS contohnya, Andi tinggal di Padang, sementara temannya Martin tinggal di Belanda. Perbedaan waktu antara Padang dengan Belanda 5 jam. Mereka sama-sama sekolah di jenjang SMP yang sederajat, proses pembelajarannya sama-sama dimulai dari pukul 7.30 sampai pukul 14.30. Pukul berapakah mereka bisa saling menelpon agar tidak mengganggu jam pembelajaran mereka di sekolah masing-masing.

Ketiga, tahu dengan apa diajarkan. Untuk memahami indikator diperlukan media, alat, bahan, strategi, metode, pendekatan, dan model pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran dimulai dari yang kongkrit ke yang abstrak, dari yang mudah ke yang sulit, dan dari yang umum ke yang khusus. Kegiatan pembelajaran seperti ini dalam Kurikulum 2013 ditandai dengan adanya fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan metakognitif.

Keempat, tahu seberapa hasil yang ingin dicapai. Untuk menentukannya dipergunakanlah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penentuan KKM diambil dari Intake siswa, kompleksitas, dan daya dukung. KKM bisa dicari ketika KD terlebih dahulu diturunkan menjadi Indikator Pencapaian Kompetensinya.

Seorang guru yang profesional diharapkan mengetahui keempat komponen diatas sebelum proses pembelajaran dilaksanakannya agar pembelajaran yang dilakukan bisa lebih bermakna dan menyenangkan bagi semua peserta didik. Semoga.

 




 

<<< Halaman Awal

[  1  ]    [  2  ]    [  3  ]

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Semen Padang FC vs Persebaya Surabaya

Irsyad Maulana Pecahkan Telur Kabau Sirah

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Semen Padang FC berhasil meraih poin penuh dengan skor 1-0 pada pertandingan ...