Beranda - Headline - Guru dan Ruang Guru

Guru dan Ruang Guru

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Zuhriyanifitri (Guru SMA Negeri 2 Koto Baru Dharmasraya)

Tanggal 7 Oktober 2018 di stasiun televisi Trans TV menyuguhkan acara tentang Ruang Guru dengan menghadirkan Ria Ricis Youtuber Remaja terkaya saat ini, Merry Riana sang motivator dan Ibu dari Gen Halilintar yang memiliki 11 anak dan berpenghasilan tinggi sebagai youtuber juga. Ruang Guru merupakan aplikasi online yang berisi tentang materi-materi pembelajaran di sekolah mulai dari jenjang SD, SMP sampai dengan SMA. Harga yang dibayarkan untuk pembelian aplikasi tersebut secara online memang bervariasi tergantung dengan jenjang sekolahnya. Ruang guru juga menghadirkan Aldi mantan personel CJR yang sangat terkenal berkat perannya dalam film DILAN 1990 yang booming di tahun 2018 ini.

Namun artikel ini bukan membahas tentang artis atau selebritis yang menghiasi acara tersebut. Tapi menghadirkan pemikiran penulis tentang mulai tergerusnya keberadaan guru dalam era digital saat ini. Kalau hal ini terus menerus dibiarkan maka bisa saja profesi sebagai guru dan dosen ikut tergerus jaman. Seperti agen-agen traveling yang sekarang sudah digusur oleh aplikasi traveloka. Penjualan pakaian di mall yang sudah bersaing dengan aplikasi shopee, lazada, dan berbagai online shop lainnya. Kalau kita tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut maka kita yang akan semakin terpinggirkan.

Ruang guru bukan hanya menawarkan kesimplean dalam penggunaan aplikasinya. Tetapi juga kemudahan dalam pembayarannya. Seperti yang diketahui saat ini di saat era digital, kita tidak perlu membawa duit tunai kemana-mana yang bisa membuat nyawa terancam karena perampokan, pejabretan dan lain-lain. Dengan pembayaran melalui ATM ataupun mini market, ruang guru menghadirkan kemudahan dalam pembayaran. Selain diskon-diskon atau potongan harga yang membuat para ibu-ibu semakin tergiur untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru merupakan tenaga pendidik yang wajib memiliki sertifikat professional untuk mengajar, selain tugasnya dalam mendidik karakter anak bangsa. Saat ini sejak adanya tunjangan professional guru berlomba-lomba untuk tetap dapat memperolehnya, karena setiap tahun persyaratannya berubah-ubah yang seakan-akan membuat guru lebih fokus untuk tetap dapat mempertahankan tunjangan ketimbang memperbaiki kualitas pengajarannya di dalam kelas. Belum lagi tuntutan dari penerapan kurikulum 2013 yang sangat memperhatikan perubahan dalam kualitas pendidikan yang harus sejalan dengan kondisi siswa/I saat ini yang sangat bergantung pada digitalisasi.

Berdasarkan rilis sosialisasi resmi Kemendikbud terdapat dua alasan resmi penerapan Kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, alasan edukasional dan alasan sosio ekonomis ( sumber quipper.com ). Alasan edukasional berbasis kepada pencapaian pelajar nasional di dalam The IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study ( TIMSS ). Mengutip rilis kemendikbud bahwa di dalam tes tersebut siswa-I dari Indonesia hanya mampu menjawab soal hingga tingkat kesulitan menengah di dalam semua mata pelajaran teruji ( Matematika, Ilmu Alam dan Membaca Inggris ) yang mengindikasikan terdapat kesenjangan bahkan ketimpangan antara praktik dan materi ajar di sekolah Indonesia dengan pendidikan internasional pada umumnya.

Sementara itu dalam konteks sosio-ekonomis penerapan kurikulum 2013 ditujukan untuk menyiapkan generasi masa depan yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif dalam rangka menyambut ragam implemetasi masyarakat ekonomi seperti WTO, komunitas ASEAN, CAFTA, APEC. Berdasarkan pada penelitian di atas kurtilas dikembangkan dan diterapkan dengan fokus menciptakan generasi masa depan Indonesia yang mampu berpikir dan berkomunikasi jernih dan luas, toleran dan bertanggung jawab moral dalam setiap langkah. Selain itu berpandangan dan berminat luas dengan perspektif global.

Ruang guru yang hadir saat ini nampaknya merupakan salah satu penjawab kehausan masyarakat dari penerapan kurikulum 2013 revisi saat ini. Dimana kita ketahui saat ini smartphone bukan lagi barang mahal namun juga sebagai barang primer dimana jika suatu keluarga memiliki anggota terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak maka smartphone yang ada berjumlah 4 buah jika masing-masing memiliki 1 buah. Pada awal iklan ruang guru dimana ditampilkan seorang ibu yang marah karena mengira anak dan temannya di dalam kamar memegang smartphone dan bermain game saja. Namun anak tersebut menjelaskan bahwa mereka sedang belajar matematika dan fisika melalui hp setelah mengunduh aplikasi ruang guru yang ada di hp.

Ruang guru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman, dan kini keduanya berhasil masuk ke dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia. Ruang guru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui sistem manajemen belajar. Tahun lalu ruang guru sudah berhasil bekerja sama dengan 32 pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Ruang guru menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, try out ujian online dan lain-lain ( sumber https://ruangguru.com )

Perubahan dan penyempurnaan pola piker dalam kurikulum 2013 sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 69 tahun 2013 adalah sebagai berikut: 1. Pola pembelajaran berpusat pada guru berubah menjadi pembelajaran berpusat pada siswa, 2. Pola pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran interaktif, 3. Pola pembelajaran terisolasi menjadi pola pembelajaran berbasis jaringan artinya dapat menimba ilmu dimana saja, 4. Pola pembelajaran pasif menjadi pola pembelajaran aktif dan kritis, 5. Pola pembelajaran sendiri menjadi kelompok/ tim, 6. Pola pembelajaran tunggal menjadi pola pembelajaran multimedia, 7. Pola pembelajaran berbasis missal menjadi pola pembelajaran berbasis keutuhan ( user ), 8. Pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal ( monodisiplin ) menjadi pembelajaran berbasis jamak ( multidisiplin ). Pola pembelajaran di atas juga menggambarkan bahwa pendalaman dan perluasan materi serta penguatan proses. Perubahan-perubahan dalam kurikulum baru tersebut mau tidak mau juga merubah peranan guru. Jika selama ini guru identik dengan istilah digugu dan ditiru maka pengertian tadi harus berubah sesuai dengan perubahan pola pembelajaran.
Berdasarkan perubahan-perubahan pada kurikulum baru maka dapat disimpulkan bahwa guru harus antusias dab berhasrat artinya guru harus memiliki pemikiran yang tajam dan memiliki semangat yang tinggi untuk menyalurkan ilmu kepada siswa/i. Selain itu guru harus kreatif, lebih produktif dan menjadi inspirasi bagi siswa/I nya dalam proses pembelajaran. Menciptakan media pembelajaran serta bagaimana menciptakan proses pembelajaran menyenangkan bagi siswa/i. Dalam kurikulum ini profesi guru menjadi penuh tantangan dan berat tanggung jawabnya sehingga dibutuhkan jiwa yang tangguh. Tantangan yang besar bagaimana guru dapat menciptakan generasi cerdas dengan selalu mengupdate pengetahuannya. Serta memberikan motivasi, semangat dan sabar yang harus terus dipupuk dan dipelihara sebagai identitas seorang guru. ( sumber BANGKAPOS.com )

Dari beberapa karakteristik kurikulum 2013 di atas kita dapat melihat bahwa ruang guru sudah membantu menyediakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa/I ketika tidak sedang berada di sekolah. Dahulu seperti yang dirasakan oleh penulis ketika mengikuti bimbel konvensional sepulang sekolah langsung membawa baju ganti dan berangkat ke tempat bimbel. Maka saat ini siswa/I tidak perlu lagi terburu-buru pulang dari sekolah, karena aplikasi tersebut bisa dipelajari oleh siswa/I dari rumah dan terpantau oleh orangtua/ wali murid. Apalagi di tengah era globalisasi saat ini yang penuh dengan pergaulan bebas sehingga orangtua juga sangat khawatir ketika melepas anaknya untuk bepergian keluar rumah dalam waktu yang cukup lama dari sore hari sampai dengan menjelang maghrib. Dengan pengunduhan aplikasi ruang guru pada hp siswa sudah dapat memperoleh pembelajaran dari seluruh mata pelajaran yang diperolehnya di sekolahnya.

Upaya meningkatkan keberhasilan pembelajaran, merupakan tantangan yang selalu dihadapi oleh setiap orang yang berkecimpung dalam profesi keguruan dan kependidikan. Banyak upaya telah dilakukan, banyak pula keberhasilan telah dicapai, meskipun disadari bahwa apa yang telah dicapai belum sepenuhnya memberikan kepuasan sehingga menuntut renungan, pemikiran dan kerja keras untuk memecahkan masalah tersebut. Menganalisis upaya meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran, pada intinya tertumpu pada suatu persoalan, yaitu bagaimana guru memberikan pembelajaran yang memungkinkan bagi siswa terjadi proses belajar yang efektif atau dapat mencapai hasil sesuai dengan tujuan. Persoalan ini membawa implikasi sebagai berikut: 1. Guru harus mempunyai pegangan asasi tentang mengajar dan dasar-dasar teori belajar, 2. Guru harus dapat mengembangkan sistem pembelajaran, 3. Guru harus mampu melakukan proses pembelajaran yang efektif, 4. Guru harus melakukan penilaian hasil belajar sebagai dasar umpan balik bagi seluruh proses yang ditempuh. Dari kesemuanya kita dapat membaca bahwa ruang guru juga sudah mengambil beberapa peranan tersebut yang saat ini masih dalam tahapan membantu siswa/I lebih mudah dalam menerima ilmu pengetahuan.

Namun ketika suatu saat nanti siswa/I dan orangtua merasa tidak memerlukan ijazah lagi maka guru pun akan tergerus oleh waktu. Karena segala yang diperlukan oleh siswa/I sudah terpenuhi dalam ruang guru. Sekolah formal yang saat ini bernaung guru-guru di dalamnya adalah tempat siswa/I memperoleh ilmu pengetahuan dan pendidikan. Ketika lembaga informal lebih menjanjikan maka secara tidak langsung mungkin saja yang formal akan berhenti. Saat ini ruang guru memang bukan saingan guru, saat ini keberadaan ruang guru adalah rekan bagi guru karena dari beberapa testimoni orang tua yang hadir dalam talk show tersebut disebutkan bahwa anak-anaknya sudah memperoleh nilai yang lebih baik dari sebelumnya pada mata pelajaran matematika, fisika dan bahasa inggris yang sekarang ini masih menjadi momok bagi siswa/i. beberapa anak dari orangtua tersebut juga sudah ada yang menjadi peserta olimpiade utusan sekolahnya dan memperoleh juara serta orangtua pun merasa bisa memantau perkembangan belajar anaknya dari rumah saja. Juga dapat ikut belajar bersama anaknya di rumah.

Agar guru dapat terus berpacu dalam perkembangan jaman yang pesat saat ini maka penulis memberikan beberapa hal yang sebaiknya guru lakukan demi keberhasilannya dalam pembelajaran maupun dalam memajukan pendidikan bangsa, yaitu: 1. Mengajar sepatutnya mempertimbangkan pengalaman belajar siswa yang dimiliki sebelumnya, 2. Proses pembelajaran dimulai jika siswa dalam keadaan siap untuk melakukan kegiatan belajar, 3. Materi pembelajaran seharusnya menarik minat siswa untuk mempelajarinya, 4. Dalam melaksanakan pembelajaran guru seharusnya berupaya agar siswa termotivasi untuk melakukan kegiatan belajar, 5. Proses pembelajaran sepatutnya memperhatikan perbedaan-perbedaan individual yang dimiliki oleh masing-masing siswa, 6. Pembelajaran sepatutnya mengantarkan siswa untuk melakukan proses belajar secara aktif, 7. Pelaksanaan pembelajaran sepatutnya berpegang pada prinsip-prinsip pencapaian hasil belajar secara psikologis. Berdasarkan uraian di atas, jika diperhatikan maka inti dari proses pembelajaran adalah siswa belajar. Belajar dapat berhasil dengan baik jika dilakukan secara aktif. Oleh karena itu segala hal dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tertumpu pada mengaktifkan kegiatan belajar. Guru juga tidak lupa untuk terus mempelajari bagaimana membuat video berbasis multimedia selain untuk memudahkan proses pembelajaran tetapi juga dapat menyenangkan bagi siswa/I sehingga ilmu yang diberikan mudah diserap.

Demikianlah guru dan ruang guru saat ini merupakan rekanan yang baik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Guru merupakan pendidik professional yang harus dapat mengikuti perkembangan jaman yang kekinian. Sehingga pendidikan nasional yang dicita-citakan dapat segera terwujud.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

HBD Alumni SMAN 2 Padang, Kolaborasi Senior dan Yunior

SPIRITSUMBAR.com Ketua Panitia Halal Bi Halal (HBD) IKASMA 2 Padang Insannul Kamil biasa dikenal dengan ...