Beranda - Pariwisata - Event - Gubernur Sumbar Canangkan Nagari Mandiri Pangan
Irwan Prayitno
Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar Canangkan Nagari Mandiri Pangan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Ranah Bantahan – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, meluncurkan Nagari Mandiri Pangan di Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, tahun 2017-2021, di lapangan Hijau Bola Kaki setempat Kamis 15 Maret 2018.

Menurutnya, seiring dengan nawacita Presiden RI Joko Widodo, membangun saat ini dimulai dari pinggiran (desa) atau perbatasan negeri.

“Nagari pangan dibuat untuk dijadikan nagari maju, kalau bisa swasembada pangan. Banyak program yang bisa kita buat diantaranya pertanian, perternakan, peternakan, dan lainnya. Tujuannya supaya terpenuhi kebutuhan pangan. Kita memang belum swasembada pangan, tapi kita tidak juga rawan pangan,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur menyebutkan, dengan dijadikan Desa Baru sebagai nagari mandiri pangan, diharapkan kebutuhan pangan terpenuhi, lepas dari daerah rawan pangan.

“Saya menghimbau SKPD Provinsi Sumbar, agar terpenuhi sarana pangan, perlu koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Polri, dan semua pihak. Dengan demikian target nagari pangan bisa terpenuhi,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini di Sumbar ada 32 nagari pangan. “Mudah-mudahan selama 5 tahun (2017-2021 kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dapat terwujud,” kata Gubernur.

Desa Pangan ini, juga punya program nasional stanting(orang berbadan pendek), dan kekurangan gizi keluarga bisa diatasi. “Pola asuh terhadap keluarga di rumah, peningkatan gizi dan lain sebagainya,” sebutnya.

Begitu juga program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Bagi masyarakat yang mendapatkan prgram KRPL di Pasaman Barat agar dimanfaatkan dengan baik agar hidup mandiri. Satu dasawisma di Desa Baru mendapat bantuan Rp50 juta dari Pemprov Sumbar.

Program selanjutnya, ujar Gubernur adalah Sadar ANMINDUK (administrasi kependudukan). “Dinas Kependudukan, agar proaktif mendatangi penduduk, silakan buat hari tertentu membuat layanan kependudukan, sehingga masyarakat sadar Anminduk,” sebut Gubernur. (Buyung)

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bagindo M Leter Rindukan Sosok Donny Moenek

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Walau hanya beberapa bulan menjadi Penjabat Gubernur Sumbar, namun Reydonnyzar Moenek telah ...