Beranda - Pariwisata - Destinasi - GRMS Potensi Investasi Sektor Pariwisata

GRMS Potensi Investasi Sektor Pariwisata

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Riyon.
Lengkap sudah pemenuhan persyaratan sesuai Perpres N0.9 Tahun 2019 tenang Pengembangan Geopark (Taman Bumi ) Ranah Minang Silokek (GRMS) dengan telah hadirnya Sekretariat Centre Informasi Geopark (CIG) di Muaro Sijunjung . GRMS yang sudah punya sertifikat Nasional Nof 2018 dari pemerintah pusat untuk pembangunan Tahap 1 selama 3 tahun dimulai dari 2019 sampai 2021 mendatang.

Untuk awal dimulai dari salter geosite Silokek. Tim Inti akhli Geopark dari Unand dan Penggiat Lingkungan/Konservasi dan lainnya pun sudah melakukan survei pemetakan untuk persiapan grand design penetapan pengembangan Geosite Silokek. Apalagi pembangunan GRSM sustainable development dengan adanya CIG tersebut.

Disinilah ajang untuk informasi GRMS dan tempat untuk diskusi kata Pakar Geopark Ranah Minang Dr. Febrin Anas smail,, ST.MT ketika melakukan rapat perdana di Seketrariat CIG bekas Kantor Satpol-PP Kab. Sijunjung (Simpang Tugu) Muaro Sijunjung bulan April lalu.

Untuk kelengkapan sarana dan prasara CIG memang sekarang sedang dalam memenuhi kelengkapan sebagai pusat informasi GMRS.Di tahun 2019 sebagai langkah awal di Silokek akan dibangun zoning parkir dari Dinas Parpora Kab Sijunjung , lokasinya didepan pintu germang memasuki Kawasan Silokek.

Informasi dari Kadis Parpora Afrineldi,SH dana sekitar Rp 400 juta nanti itu di tenderkan, sekarang dalam proses tender, tutur Afrineldi kepada salah seorang Pers Lingkungan. Ditambahkan, utuk di Perkampungan Adat Sijunjung juga akan di pasang sebanyak 200 unit lampu taman dan pagar.

Orentasi belanja pembangunan belanja pembangunan daerah Sijunjung skala prioritas ruhnya Geopark, utuk tahun ini saja peningkatan infrastruktur sarana perhubungan ke Silokek telah dianggarkan dana Rp 12,5 miliar.

Sehingga jalan ke Silokek diusahakan bisa tidak erlalu sembit setiap kendaraan roda empat berpapasan tidak menemui kendala, kata Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin.MM. Dt. Indo Marajo didampingi Kadis DPUPR Ir. H. Budhi Syafarman.M.T, baru baru ini.

Menyinggung telah adanya Sekretaris CIG,disinilah wahana informasi tentang tahapan pengembangan pembangunan GRMS baik Tahap 1 dan tahap selanjudnya, sehingga dalam mewujudkan Sijunjung Jaya bukan pepesan kosong belaka. Mari kita dukung keberhasilan pembangunan GRMS tahapan demi tahapan, Dan hadirnya Stone Garden di Muko-Muko dekat pintu gerbang Silokek aka nambah performent GRMS,-. Hadirnya GRMS adalah salah satu potensial investment bidang kepariwisataan,-ujar Penggiat Geopark Raja Sawer.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam Gantikan Awan Setho di Timnas Senior

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memutuskan memanggil kiper Semen Padang, Teja Paku ...