Beranda - Headline - Gerindra Terdepak Sebelum Perang di Dapil 3 Sumbar
Menuju Pemilu 2019
Menuju Pemilu 2019

Gerindra Terdepak Sebelum Perang di Dapil 3 Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi merilis Daftar Calon Sementara (DCS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi  Sumbar untuk Pemilu 2019.
Hal mengejutkan terlihat dalam hasil verfikasi keabsahan Bacaleg yang diajukan Partai politik (Parpol) peserta pemilu.

Beberapa parpol gagal menempatkan bakal calon legislatif (Bacaleg) dalam satu daerah pemilihan (Dapil). Malahan Partai Gerindra yang merupakan partai besar juga gagal menempatkan Bacaleg pada Dapil Sumbar 3 (Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi). Padahal, Partai besutan Prabowo tersebut memiliki wakil anggota dewan di Dapil 3 pada Pemilu 2014.



“Bacaleg Gerindra gugur di Dapil Sumbar 3, karena tidak memenuhi unsur 30 persen keterwakilan perempuan,”ujar Komisioner KPU Sumbar Iswaryani, di Padang, Minggu (12/8/2018)

Terkait No Bacaleg, Partai tidak sendirian. Sebagamana yang diumumkan KPU Sumbar, Parpol Berkarya juga tidak ada Bacaleg di Dapil Sumbar 4. 5 dan 6. Begitu juga Partai Solidaritas Indonesia (PSI), juga tidak memiliki Bacaleg tak ada Bacaleg di Dapil Sumbar 4 dan 6.

Dari hasil verifikasi KPU Sumbar terhadap Bacaleg diajukan Parpol dan KPU juga telah berikan waktu perbaikan berkas Bacaleg, ternyata ada 74 Bacaleg tidak memenuhi syarat (TMS)

“74 Bacaleg TMS, sedangkan total Caleg memenuhi syarat (MS) Jumlah 981, terdiri dari Bacaleg perempuan 371 orang dan Bacaleg Laki-laki 610 orang,” ujar  Izwaryani.

Pada bagian lain, masa pengumuman DCS adalah masa uji publik, masyarakat dapat memberikan penilaian terhadap Bacaleg diajukan Parpol peserta Pemilu 2019 kepada KPU.

“Untuk mengetahui Bacaleg provinsi dan kota dan kabupaten se Sumbar, masyarakat selain di media mainstrem dan media online, juga bisa melihat di http://sumbar.kpu.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=622 ,”ujar Iswaryani. (rom)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat menggelar latihan

Heboh, Kalteng Putra Minta Ganti Wasit Jelang Pertandingan

SPIRITSUMBAR.com – Laga Match 6 Grup A, 8 Besar Liga 2 yang mempertemukan Semen Padang ...