Selasa , 18 Desember 2018
Beranda - Pariwisata - Destinasi - Gerak Cepat Pembangunan Geopark Silokek
Geopark Silokek Sijunjung (foto twitter puji basuki)
Geopark Silokek Sijunjung (foto twitter puji basuki)

Gerak Cepat Pembangunan Geopark Silokek

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Dalam percepatan pembangunan Geopark Silokek dengan potensi bentang alam yang sangat beragam dan  krusial ini, kita harus cepat bergerak.

Bawasannya pembangunan ini bukan hanya tanggung jawab Pemkab. Sijunjung saja, tetapi semua pihak yang terkait mewujudkan Geopark Ranah Minang dari 9 geopark termasuk Geopak Silokek.

Sesungguhnya Geopark Silokek ini pembangunan secara menyeluruh dan stakeholder terkait harus terlibat walaupun pembangunannya secara bertahap.

Lalu memberikan pengenalan kepada seluruh stakeholder yang lain dan bekerjasama dengan berbagai pihak didalam tahapan-tahapan tersebut, baik Geopark Nasional dan selanjutnya Geopark Global. Tahapan-tahapan tersebut acuannya harus memenuhi segala persyaratan untuk geopark nasional.

Atas  komitmen ini baik DPRD Pemerintah Daerah  dengan berbagai lembaga lainnya akan dilakukan sertifikasi dalam memantapkan pembangunan komitmen Geopark Silokek.

Geopark ini harus diperkuat dan dipertahankan naturalisasinya. Tentu nantinya dengan landasan dan pijakan regulasi oleh Bupati sampai Wali Nagari, demikian keterangan Sekdakab Sijunjung Zefnihan.AP.M.Si dihadapan 15 wartawan yag ada di Kab Sijunjung Senin (27/8) di Muaro Sijunjung.

Untuk Pengembangan Geopark Silokek kebetulan Sekda Zefnihan .AP.M.Si yang dituakan, sebagai koordinatornya. Mengingat dengan buah karyanya menjadikan Wisata Mande” menjadi resmi Geopark tingkat nasional bahkan dikunjungi oleh Presiden RI.  dan Wakil Presiden.RI. H.Djokowi dan H. Yusuf Kalla tahun kemarin.

Pada kesempatan terpisah  Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS) Fajar Septrian,SE, masukan data informasi untuk Geopark Silokek masih sangat peru dibutuhkan.

Seperti di Nagari Paru yang pertama munculnya  Nagari Seibu Pesona adalah ya Paru itu, sejak taun 2003 oleh pembina kelompok Petani Peduli Hutan Paru,waktu itu masih Rimbo Larangan..

Gua/ngalau saja ada 32 lokasi, itupun belum semua terjamah oleh manusia lalu kekayaan bioversitynya  juga luar biasa. Ini perlu dilakukan survai untuk memenuhi kelengkapan kehati dalam program pembangunan bioversity  di Paru. Seperti jenis Amorphopalus juga beragam , bukan cuma yang titanum saja, belum yang lain-lain. Untuk itu kami dari FKSS siap mencukseskan didalam percepatan terwujudnya Geopark Silokek tahapan demi tahapan, ungkapnya.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dua dari 5 pelaku judi yang diamankan Satreskrim Polres Lampung Utara

Aduh, Pria Sudah Bau Tanah Kena Grebek Sedang Berjudi

SPIRITSUMBAR.com – Satuan Reserse  Kriminal (Satreskrim) dan Polsek Kotabumi Utara Polres Lampung Utara, grebek rumah ...