Beranda - Pendidikan - Artikel - Geliat Wisata Pessel dan Peluang Ekonomi Masyarakat Tarusan
Muhayatul
Muhayatul

Geliat Wisata Pessel dan Peluang Ekonomi Masyarakat Tarusan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Muhayatul

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, Rahmat dan maghfirah. Semoga kita semua mampu menjalankan ibadah Ramadhan dengan maksimal dan menjadi orang yang bertaqwa.

Jika kita dari Ibukota Propinsi Sumatera Barat (Sumbar)  menuju selatan, Tarusan merupakan kecamatan pertama yang dilalui pegunjung. Ini  juga satu satunya pintu gerbang untuk masuk ke Kabupaten Pesisir Selatan atau sebaliknya. Malahan,  ini merupakan jalur representatif menuju Provinsi Bengkulu. Apalagi,  Koto XI Tarusan merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Padang.

Suatu hal yang menarik, Koto XI  Tarusan juga merupakan kecamatan terpanjang di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Maka dari itu saya sebagai putra Pesisir Selatan mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri dengan cara memberdayakan Home Indusrti (Industri Rumah Tangga) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam bentuk yang lain.

Hal ini bisa disingkronkan dengan program ekonomi kerakyatan yang ada pada pemerintah, sehingga tercipta wirausaha baru dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita di Tarusan ini. Maka dengan cara ini kesejahteran ekonomi masyarakat akan meningkat dan pengangguran berkurang dan tingkat kriminal akan menurun.

Kemudian saya melihat di Tarusan ini peluang untuk memasarkan produk lokal sangat besar, karena dengan adanya objek wisata kawasan Mandeh dan potensi wisata yang lain, seperti Pantai Carocok, air terjun Bayang Sani dan Jembatan Akar dan tempat wisata lainnya di kabupaten Pesisir Selatan.

Semua pengunjung yang datang dari arah kota padang pasti melewati kecamatan tarusan ini. Rata –rata masyarakat tarusan ini berdomisili di pinggir jalan sepanjang kecamatan ini.

Mari kita ikut serta dalam memajukan wisata di kampung kita ini dan menangkap peluang yang ada, jangan mau menjadi tamu di negeri sendiri. Saya sebagai anak nagari siap berbagi dan memberikan pendampingan kepada masyarakat dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan penguatan ekonomi masyarakat.
Editor : Saribulih

Artikel lainnya:

loading…


Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Momentum Harkitnas, Saatnya Kembali Bersatu

SPIRITSUMBAR.com – Lembaga  Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat melaksanakan upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ...