Selasa , 11 Desember 2018
Beranda - Pendidikan - Apresiasi - DPRD Sumbar Sahkan Ranperda P4GN dan Sampah
Rapat Paripurna DPRD Sumbar 28 Februari 2018
Rapat Paripurna DPRD Sumbar 28 Februari 2018

DPRD Sumbar Sahkan Ranperda P4GN dan Sampah

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Dewan Perwakilan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap empat Ranperda, Rabu (28/2/2018).

Empat Ranperda tersebut adalah Pencegahan Peredaran dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) dan Ranperda pengelolaan sampah regional. Termasuk, pencabutan perda nomor 13 tahun 2007 PT Andalas Tuah Sakato tentang pendirian dan pencabutan Perda nomor 15 tahun 2007 tentang PT. Dinamika Sumbar Jaya.
Artikel Lainnya

loading…


Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim didampingi Wakil Ketua  Arkadius, dan Darmawi , Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dan Sekwan DPRD Sumbar Raflis.

Ketua Tim Pembahas Ranperda P4GN DPRD Sumatera Barat, Rahayu Purwanti mengatakan, pembahasan Ranperda ini, telah melewati mekanisme yang diatur oleh Undang-undang. Dimulai dari nota pengantar dari pemerintah provinsi, hingga konsultasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ranperda tersebut terdiri dari 8 BAB dan 37 pasal, dari semula usulan pemerintah provinsi adalah 8 BAB dan 34 pasal. Namun dalam pembahasan ada hal-hal krusial yang dinilai urgen sehingga jumlah pasal dalam Ranperda tersebut terjadi penambahan.

“Kasus-kasus dan fenomena penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang semakin meningkat dan menyasar tidak hanya kalangan orang dewasa tetapi sudah merambah kalangan remaja dan anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pembahas Ranperda tentang Pengelolaan sampah regional Suwirpen Suib mengatakan, Ranperda ini merupakan upaya peningkatan pelayanan pemerintah provinsi, dalam pengelolaan sampah yang dilakukan khusus TPA Regional secara terpadu.

Dengan adanya perda ini, dapat menjadi landasan dan payung Hukum bagi pemerintah Kabupaten/Kota, dalam penerapan pengelolaan sampah pada daerah masin-masing.

Ditambahkannya, Pemerintah Provisni Sumbar agar lebih pro aktif untuk mencari informasi untuk pengelolaan sampah yang baik, Karena dengan kemajuan teknologi dan zaman kedepan, Pengelolaan sampah tentu diperlukan. (Salih)

Editor : Saribulih

 

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penyempurnaan Data, Jumlah Pemilih Bertambah

SPIRITSUMBAR.com – Komisi Pamilihan Umum (KPUD) Dharmasraya, gelar Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penyempurnaan daftar ...