Beranda - Fokus - DPRD Sumbar Prihatin, Tiga Derah Mundur dari TdS
Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius saat memimpin Rapat Paripurna
Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius saat memimpin Rapat Paripurna

DPRD Sumbar Prihatin, Tiga Derah Mundur dari TdS

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Datuak Intan Bano, menyayangkan keputusan tiga daerah untuk mundur dari perhelatan Tour de Singkarak (TdS) 2018. Menurutnya, daerah tersebut kehilangan kesempatan untuk memperkenalkan potensi daerah kepada mancanegara.

” TdS adalah ajang internasional yang bisa bermanfaat untuk promo potensi daerah. Tidak mudah bagi Sumbar untuk mendapatkan kepercayaan pusat untuk menghelat kegiatan, butuh lobi yang panjang. Oleh karena itu kesempatan ini haru dimanfaatkan, ” ujarnya saat ditemui, Senin( 10/9/2018).

Dia mengatakan, tiga daerah dari 19 kabupaten/kota di Sumbar menyatakan sikap mundur sebagai penyelenggara adalah Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Lanjutnya, dibiayai atau tidak oleh pusat iven ini harus dipertahankan.

“Kalau ini berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan, harusnya itu tidak bisa dijadikan alasan. Sebab jika dipersiapkan dengan baik, TdS akan mendatangkan pemasukan yang lebih besar dibanding kucuran dana yang dikeluarkan untuk persiapan,” tegasnya.

Dia menambahkan, TdS akan memberikan tiga keuntungan untuk daerah. Pertama dengan diselenggarakannya TdS akan ada peningkatkan kualitas jalan, kedua bisa dipakai sebagai ajang sosialisasi destinasi wisata, dan yang ketiga sebagai tempat mempromosikan produk unggulan daerah.

Arkadius berharap mundurnya tiga daerah sebagai tuan rumah tidak terulang tahun depan. “Kita minta pada Dinas Pariwisata untuk menjalin komunikasi dengan kabupaten/kota bagaimana hal ini tidak terulang di tahun depan,”ujarnya.

Menurut Arkadius jika setiap kabupaten/kota bisa menyadari TdS adalah iven internasional yang bermanfaat memperkenalkan Sumbar ke nasional dan mencanegara, selanjutnya mempersiapkan perhelatan itu dengan semaksimal mungkin dalam bentuk memperkenalkan produk unggulan yang dimiliki, kabupaten/kota tidak akan rugi.

Selain akan membawa manfaat untuk kabupaten/kota di Sumbar, kegiatan ini ia nilai juga akan membawa dampak yang sangat positif untuk kawasan Danau Singkarak sebagai ikon kegiatan ini. Singkarak, sebut dia, akan dikenal secara mendunia sebagai salah satu danau terindah di dunia.

Kemudian ini juga bisa membuat ikan endemik Singkarak jadi dikenal oleh orang luar. “Karena negara yang terlibat sebagai peserta itu cukup banyak, mereka akan bisa membantu bilih diselamatkan dari kepunahan, yakninya dalam bentuk memperjuangkan bilih ini dibudidayakan dengan bantuan organisasi dunia seperti PBB, bank dunia dan organisasi lainnya,” tegasnya. (Rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai menciptkan gol ke gawang Vanuatu (foto pssi)

Sarangkan 6 Gol, Timnas Indonesia Begitu Perkasa Bagi Vanuatu

SPIRITSUMBAR.com – Timnas Indonesia senior sukses mencukur Vanuatu dengan 6 gol tanpa balas pada laga ...