Beranda - Berita Pilihan - DPRD Sumbar Bertekad Selesaikan 14 Ranperda di Tahun 2019
Pimpinan DPRD Sumbar menandatanganai MoU tiga Ranperda
Pimpinan DPRD Sumbar menandatanganai MoU tiga Ranperda

DPRD Sumbar Bertekad Selesaikan 14 Ranperda di Tahun 2019

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat (DPRD Sumbar)  resmi mengesahkan program pembentukan legislasi daerah (Propemperda), Provinsi Sumbar Tahun 2019. DPRD Sumbar menargetkan sebanyak 14 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) selama tahun depan.

“Sesuai fungsi legislasi, dengan pembentukan Perda, DPRD dapat mengakomodir aspirasi masyarakat terkait dengan kebutuhan perda yang diperlukan,” ujar Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim saat memimpin rapat paripurna pengesahan Propemperda 2019, Jumat (16/11/2018).

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011, pembentukan Perda dilakukan secara tertib sesuai skala prioritas dan kebutuhan daerah. Propemperda sudah disusun secara sistematis. Sebelum disahkan, sejumlah fraksi telah memberi masukan saat rapat finalisasi yang dilakukan besama Bapemperda dan Biro Hukum Pemprov Sumbar.

Sementara itu Ketua Propemperda DPRD Sumbar, Rafdinal menambahkan, dari total 14 target Perda tahun 2019, dua diantaranya merupakan usulan DPRD Sumbar. Keduanya, Ranperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, dan Perlindungan Lahan Pertanian.

Jelas dia, secara keseluruhan semua rencana regulasi yang diusulkan tahun depan, merupakan kebutuhan mendesak masyarakat Sumbar. Diantaranya, terdapat tiga Ranperda perubahan dari Perda sebelumnya. Lalu sisanya 11 Perda baru, seperti Ranperda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan. Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Danau Singkarak, serta Ranperda tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal.

Selanjutnya, Ranperda tentang Konversi Bank Nagari Dari Bank Konvensional Menjadi Bank Syariah, dan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Selain 14 Ranperda, pada 2019 DPRD juga akan menuntaskan tiga Ranperda Kumulatif Terbuka (Rutin) tentang Anggaran Daerah. Diantaranya, Raneprda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018, Perubahan APBD Tahun 2019, dan terakhir Raneprda APBD Tahun 2020.

Rafdinal menambahkan, pembahasan semua perda akan menjadi prioritas di tahun 2019. Dia menilai Perda yang dilahirkan ditujukan untuk menjawab keresahan dan kebutuhan masyarakat Sumbar secara konkrit. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bagindo M Leter Rindukan Sosok Donny Moenek

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Walau hanya beberapa bulan menjadi Penjabat Gubernur Sumbar, namun Reydonnyzar Moenek telah ...