Beranda - ADVERTORIAL - DPRD Padang, Satukan Visi Melalui Bimtek

DPRD Padang, Satukan Visi Melalui Bimtek

Print Friendly, PDF & Email
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama narasumber
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama narasumber

SpiritSumbar.co.id – Perbedaan latar belakang, disiplin ilmu dan profesi merupakan potensi luar biasa dalam menjalankan fungsinya. Hal itu akan terwujud jika dijalankan dengan kebersemaan dengan menyatukan visi. Upaya itulah yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Sumatera melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) di Jakarta selama 4 hari, Minggu sampai Kamis (27-31/3/2016).

Ketua DPRD Kota Padang, H. Erisman menegaskan Bimtek bertujuan menyamakan pemahaman dan meningkatkan wawasan terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPRD.

Wakil Ketua DPRD Padang, Asrizal bersama anggota dewan serius mengikuti bimtek
Wakil Ketua DPRD Padang, Asrizal bersama anggota dewan serius mengikuti bimtek

Lebih dari itu, juga, untuk lebih mempertegaskan dalam menjalankan fungsi anggota dewan. “Bimtek ditujukan agar sebagai lembaga demokrasi yang menghimpun elemen-elemen politik lokal pemenang Pemilu, DPRD Kabupaten/ Kota dan atau Propinsi memiliki fungsi dan peran sangat strategis. Mulai dari mengartikulasikan aspirasi konstituen dalam mekanisme legislasi di parlemen. Mendorong lembaga eksekutif daerah agar melahirkan kebijakan publik yang partisipatif dan menyejahterakan masyarakat, sampai mengawal pelaksanaan kebijakan di lapangan,” ujar Politisi Partai Gerindra ini, di Padang, Senin (4/4/2016).

Hal sama dikatakan Ketua Komisi III DPRD Padang, Helmi Moesim AY. Menurutnya, keberhasilan DPRD dalam menjalankan peran dan fungsinya, tidak hanya ditentukan oleh kewenangan formal yang dimiliki oleh kelembagaan DPRD. Tapi yang jauh lebih penting adalah kapasitas dan kompetensi dari masing-masing personal para anggota dewan.

Wakil Ketua DPRD Padang, H. Muhidi sedang mengikuti bimtek
Wakil Ketua DPRD Padang, H. Muhidi sedang mengikuti bimtek

“Bintek yang dilaksanakan kali ini jauh lebih bermanfaat karena dilakukan di luar Sumbar dengan narasumber yang kompeten. Dalam bintek ini, pembahasan informasi juga lebih luas dengan narasumber dari Kemdagri dan bidang Anggaran,” ujar Kader Partai Golkar ini, Senin (4/4/2016).

Hal menarik tambahnya, dalam bintek ini, anggota dewan bisa menyamakan persepsi dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya, karena dihadiri oleh semua anggota dewan. Apalagi, dalam proses pendidikan, lebih banyak menekankan dengan metode diskusi.

Menurutnya, hampir semua hal yang dibahas dalam bintek berkaitan dengan peningkatan fungsi pengawasan anggota dewan. Termasuk, berbagai regulasi yang baru dikeluarkan oleh pemerintah terhadap peningkatan fungsi dan kinerja anggota dewan.

Sekretaris DPRD Padang, Ali Basar
Sekretaris DPRD Padang, Ali Basar

Sementara Anggota Komisi II DPRD Padang, Masrul menegaskan bintek merupakan pedalaman materi bagi anggota dewan agar mampu bersinergi untuk membangun Kota Padang. Artinya, peningkatan kemampuan anggota dewan sangat penting dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya.

“Karena itu wajar apabila masyarakat mengharapkan wakil-wakilnya yang duduk di parlemen berkualitas yang didukung moralitas dan mentalitas yang tinggi. Sehingga mampu menangkap signal perubahan di masyarakat maupun arah kebijakan Pemko Padang,” ujar Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Senin (4/4/2016).

Ketua DPRD Padang, H. Erisman menerima cendra mata
Ketua DPRD Padang, H. Erisman menerima cendra mata

Lebih jauh ditegaskan, bagi anggota dewan yang merupakan bagian dari pemerintahan daerah, bintek memiliki peran penting dalam peningkatan kemampuan. Karena, hampir setiap saat terjadi perubahan regulasi. “Anggota dewan dalam menjalankan fungsi pengawasan selama ini cenderung yang berkaitan dengan Perda. Padahal jauh dari itu, Anggota dewan juga ikut mengawasi perwako yang dikeluarkan oleh walikota. Begitu juga sebaliknya, anggota tidak berhak mengawasi penggunaan anggaran yang berasal dari pihak ketiga. Jadi, hal inilah yang perlu disamakan persepsi sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Padang, Osman Ayub juga memiliki pandangan sama. Menurutnya, sebagian bagian dari pemerintahan, DPRD harus memaksimalkan kemampuannya melalui bintek. Karena, untuk melahirkan kebijakan dan aturan harus diselelaraskan antara Pemko Padang dan DPRD. Sesuai amanat undang-undang, Pemerintah dan DPRD itu harus sejalan dan sama-sama menentukan arah kebijakan pembangunan. “Selama ini, Pemko Padang cenderung jalan sendiri dalam membuat kebijakan. Kita berharap ke depan, hal ini tidak terjadi lagi. Demi meningkatkan pembangunan yang berpihak pada masyarakat,” ujar Kader Partai Hanura ini, Senin (4/4/2016).

Anggota DPRD sebagai peserta bimtek
Anggota DPRD sebagai peserta bimtek

Dia menambahkan DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat di daerah yang para anggotanya dipilih oleh rakyat dan mempunyai kewajiban memperjuangkan aspirasi rakyat dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. DPRD memiliki 3 fungsi, yakni legislasi, budgeting, dan pengawasan yang harus selalu pro rakyat. Pada prinsipnya implementasi fungsi legislasi, budgeting, dan pengawasan terhadap pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah adalah untuk check and balance dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Pembangunan yang terarah dan mengarah memerlukan masukan/input tentang kebutuhan masyarakat. DPRD selaku lembaga yang mewakili rakyat harus peka untuk memperjuangkan aspirasi rakyat secara sungguh-sungguh kepada Pemerintah Daerah. Pemda wajib mendengarkan aspirasi rakyat melalui DPRD secara langsung dan menindaklanjuti dengan program-program pembangunan yang riil dan menyentuh kebutuhan rakyat. (Adv)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Sari kurma

Sari Kurma Healthy Dates untuk Pencernaan dan Liver

Sari Kurma HEALTHY DATES adalah probiotik yang sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi pencernaan dan ...