Beranda - Headline - Donny Moenek Miliki Basis Elektoral Mumpuni
Reydonnyzar Moenek memimpin rapat pada salah satu kegiatan di DPD RI
Reydonnyzar Moenek memimpin rapat pada salah satu kegiatan di DPD RI

Donny Moenek Miliki Basis Elektoral Mumpuni

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan puncak karir pejabat Eselon I, Reydonnyzar Moenek sangat layak menjadi Gubernur Sumbar 2020.

Hal disampaikan pada beberapa kesempatan oleh tokoh Adat, Agama Cerdik Pandai di Sumbar. Apalagi, Lelaki yang akrab disapa Moenek ini telah memperlihatkan kepiawaian saat menjadi Penjabat Gubernur Sumbar tahun 2015 – 2016.

Malahan, dengan jabatan Sekjen DPD RI, saat ini Reydonnyzar Moenek punya basis elektoral yang mumpuni untuk menjadi Gubernur Sumbar 2020.




“Basis elektoral Pak Donny cukup mumpuni, besok Pilkada, Donny Moenek bersaing dan besar peluang rebut Kursi Sumbar 1,”ujar Rizal, pemerhati politik, Selasa 22/7/2019 di Jakarta.

Bahkan dari tracking berbagai media ternyata memori pemilih Sumbar tidak lupa dengan rekam jejak Donny Moenek kala menjadi Pejabat Gubernur Sumbar 2015-2016.

Artikel Lainnya

loading…


“Pak Donny itu suka bertegur sapa dengan siapa, bisa mencarikan solusi terhadap permasalahan pelik kedaerahan, itu investasi sosial bagi Pak Donny Moenek menuju Gubernur Sumbar Pilkada 2020,” ujar Rizal.

Soal basis elektoral tadi, kata Rizal. justru Donny Moenek sangat diuntungkan, Anak Lintau Tanah Datar, punya kampung pula di Sianok Agam dan pernah tinggal di Ganting Padang.

“Terpenting dari semua itu Donny Moenek tidak punya cacat elektoral apalagi dosa elektoral, karena tidak pernah menjadi konstestan dalam kegiatan politik,”ujarnya.

Tapi, soal kepemimpinan Rizal memastikan Donny Moenek sulit dicarikan padanannya. Apalagi Donny Moenek termasuk pakar pada pemerintahan.

“Sering Pak Donny Moenek menyebutkan tiga tugas pemerintah atau pemimpin itu, yakni Harmonisasi, Stabilisasi dan Efektifitas. Meski pemimpin lain tahu tugas itu, Pak Donny Moenek tetap unggul karena punya kemampuan komunikasi dengan brevet A plus, dan komunikasi adalah keyword ujudkan tiga peran pemerintah itu,” ujarnya.

Sementara banyak pihak di Sumbar, meragukan apa Donny Moenek mau jadi Cagub Sumbar 2020.

“Ragu Pak Donny mau men-Cagub pada 2020, apalagi saat ini posisi beliau sangat strategis dan berada di Top Karir selaku ASN,” ujar Herdi warga di Bukittinggi, Senin kemarin.

Sementara Donny Moenek menegaskan untuk mengabdi total di Sumbar, mengapa tidak.

“Kapasitas ambo di karir ASN seperti Palugada (Apa Lu Mau Gue Ada) artinya jadi gubernur Donny Moenek tidak perlu belajar lagi, memang betul saya di puncak karir seorang Pamong. Tapi kalau mengabdi total untuk Sumbar, saya, Donny Moenek tidak pernah kenal kata berhenti,” ujarnya.


Soal kepastian maju jadi Cagub, bekas Kapuspen Mendagri ini, mengatakan langkah untuk itu terus berproses.

“Dan apa, serta bagaimananya saya percaya pada ketentuan Allah SWT,” ujar pria yang juga menjadi dosen IPDN ini tersenyum.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi Amiruddin Bagus usai mencetak gol

Tertinggal Terlebih Dulu, Timnas U-18 Berhasil Tahan Malaysia

SPIRITSUMBAR.com, Vietnam – Tim Nasional (Timnas) U-18 Indonesia untuk sementara bermain imbang 1-1 dengan Malaysia ...