Minggu , 18 November 2018
Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Disdikbud Pasaman Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Disdikbud Pasaman Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Guna meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam mengelola sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pasaman mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi kepala sekolah.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 22 Oktober 2018 dengan pola 71 jam bertempat di Wisma Equator dan Hamco Lubuk Sikaping.

Menurut laporan ketua pelaksana Drs. H. Asril yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Sekolah Menengah Pertama (SMP), jumlah peserta seluruhnya yang mengikuti Diklat sebanyak 60 orang yang berasal dari kepala Taman Kanak-kanak (TK) 4 orang, Kepala Sekolah Dasar (SD) 50 orang, dan kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) 6 0rang.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Asari, M.Pd yang bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman. Dalam arahannya beliau menyampaikan, tujuan diadakannya diklat ini adalah untuk memperkuat kompetensi kepala sekolah pada materi, teknis analisis manajemen (TAM), rencana kerja sekolah (RKS), keuangan, pengelolaan sumber daya, supervisi guru dan tenaga kependidikan, kepemimpinan, kewirausahaan, pengembangan sekolah berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan lain sebagainya. Sehingga nantinya diharapkan kepala sekolah memiliki ilmu yang cukup dalam mengelola sekolah dan bisa mengembangkan sekolahnya ke arah yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Kegiatan ini dilakukan melalui kerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) yang berkantor di Karanganyar Jawa Tengah. Untuk tenaga pengajar LPPKS menurunkan timnya yang terdiri dari Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar), Mamad Rahmadi (Disdik Majalengka), Teguh Haryono (Disdik Bengkulu Selatan), dan Tri Harsono (LPPKS).  (Feri Fren)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...