Selasa , 18 Desember 2018
Beranda - Berita Pilihan - Digugat, Walinagari Terpilih Batal Dilantik
Budiman.

Digugat, Walinagari Terpilih Batal Dilantik

Print Friendly, PDF & Email




Spirit Sumbar – Kendatipun telah berjalan selama delapan bulan, Wali Nagari Alam Pauhduo Kecamatan Pauhduo Kabupaten Solok Selatan terpilih, Zainal Abidin belum juga dilantik Bupati.

Penyebabnya, Wali Nagari terpilih Zainal Abidin digugat calon wanag lainnya, karena diduga melakukan pelanggaran dalam pilwanag bulan Mei 2015 silam.

Zainal Abidin yang juga termasuk tim sukses pemenangan salah satu paslon Bupati Solok Selatan pada Pilkada 9 Desember lalu itu, awalnya telah berhasil memenangkan pilwanag dari rival lainnya dengan perolehan suara 1400 lebih. Namun sebelum dilantik oleh Bupati definitif, calon lainnya melayangkan surat gugatan ke panitia pemilihan dan P2WN nagari Alam Pauhduo. Sehubungan diduga Zainal Abidin telah melakukan pelanggaran pilwanag dalam bentuk politik uang.

Akhirnya Pemda Solok Selatan setelah menerima tembusan surat gugatan calon wali nagari lainnya, terus membentuk tim penyelesai yang di ketuai Camat Pauhduo Budiman dengan anggota 7 orang masing- masing dari Bagian Pemnag, Kesbang pol, Bagian TataPemerintahan, Sekcam dll.

Camat Pauhduo, Budiman.S.Pd ketika ditemui Spirit Sumbar dikantornya Rabu (31/12) lalu mengaku telah melakukan rapat sebanyak 3 kali bersama anggota tim lainnya untuk mencari penyelesaikan kisruh pilwanag nagari Alam Puhduo tersebut, namun belum membuahkan hasil. “ Tim akan mengadakan rapat lagi setelah masuk tahun baru ini, sambil menunggu pelantikan Bupati Solok Selatan definitive “, kata Budiman.

Plt Asisten I bidang Pemerintahan Barial.SE yang juga Kabag Pemerintahan Nagari Setda Solok Selatan itu ketika dikonfirmasi via telpon genggamnya mengaku, memang benar telah membentuk tim penyelesai sengketa Pilwanag nagari Alam Pauhduo dengan menunjuk Camat Pauhduo Budiman.S.Pd sebagai ketua Tim dan beberapa orang anggota. “Kita masih menunggu hasil penyelesaian tim yang telah kita bentuk. Setelah ada hasil penyelaian oleh tim, pihaknya segera memproses Surat Keputusan Bupati dan dilantik oleh Bupati definitive hasil Pilkada Desember lalu, karena sesuai peraturan dan perundang undangan yang berlaku, seorang PJ. Bupati tidak dibenarkan melantik pejabat, termasuk wali nagari ,“ kata Basrial.SE.

AHMAD JALINUS – ARUN

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Aklamasi Warnai Pemilihan Ketua RT di Banuaran

SPIRITSUMBAR.com – Perioderisasi Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Kelurahan Banuaran Nan XX, ...