Beranda - Headline - Diduga Ini Pemicu Kebakaran SPBU Sawahan

Diduga Ini Pemicu Kebakaran SPBU Sawahan

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Kebakaran hebat telah menghanguskan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sawahan, Jl. Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat, 21 September 2018.

Penyebab kebakaran diduga karena pengisian premium ke jeriken di salah satu angkutan kota (angkot).

Baca : SPBU Sawahan Ludes Dimamah Sijago Merah

Anehnya, di lokasi kejadian juga ditemukan tanki kendaraan yang telah dimodifikasi bersama puluhan jeriken yang ikut hangus terbakar. Ada dugaan, kendaraan  tidak hanya mengisi bahan bakar bersubsidi itu dengan menggunakan  jeriken. Namun, juga dengan cara memodifikasi tanki kendaraan dalam ukuran yang lebih besar. Selain temanfaatkan tanki bawaan, juga ada tanki lain yang telah dimodifikasi.

Hal ini terlihat jelas pada foto dan video yang beredar di masyarakat melalui media sosial.

Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengatakan Pertamina sangat prihatin dan menyayangkan terjadinya insiden ini.

Menurutnya, hikmah yang bisa diambil, agar selalu berhati hati ketika mengisi BBM di SPBU. “Patuhi ketentuan pengisian yang ada, mematikan mesin ketika mengisi, tidak mengaktifkan hp di zona nol, tidak menggunakan jeriken, atau tangki modifikasi karena tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga konsumen lain yang berada di sekitar kita,” ujarnya.

Dia menegaskan, penggunaan jeriken, tangki modifikasi, atau modifikasi kendaraan seperti pada knalpot, sangat membahayakan. Sesuai ketentuan yang ada dan untuk pemenuhan kepatuhan terhadap aspek HSSE, pihak Pertamina telah menegaskan bahwa konsumen dengan karakteristik semacam itu tidak boleh dilayani. “SPBU yang terbukti masih memberikan pelayanan, telah banyak diberikan sanksi atau pembinaan.

sisa jeriken bersama tangki modifikasi
sisa jeriken bersama tangki modifikasi

Oleh karena itu, kejadian di SPBU Sawahan ini harus dan tidak boleh ditawar lagi untuk dijadikan momentum untuk lebih mengindahkan aspek keselamatan bersama. Betul-betul memperhatikan ketentuan pengisian BBM di SPBU,” ujarnya.

Dia menambahkan, SPBU Sawahan dihentikan operasinya sementara.

“Namun pasokan BBM untuk masyarakat tetap aman dan dapat memperoleh BBM di SPBU terdekat, yaitu SPBU 14.251.522 dan 14.251.582 yang memiliki pasokan yg sangat cukup,” ujarnya.

Mengenai penyebab yang sesungguhnya, masih menunggu penjelasan dari pihak terkait. (Salih)

Ini Video Detik Kebakaran SPBU Sawahan, Kota Padang

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Apresiasi untuk Sumbar, Raih KASN 2018

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima Anugrah Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) Tahun 2018 ...