Beranda - Headline - Dharmasraya di Apresiasi Peduli HAM

Dharmasraya di Apresiasi Peduli HAM

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia kembali menggelar acara pemberian penghargaan untuk daerah yang peduli dengan perlindungan hak azasi manusia (HAM).

Seperti tahun tahun sebelumnya, Kabupaten Dharmasraya tidak pernah absen untuk menerimanya. Tahun ini, acara yang digelar di Kota Bandung itu, diterima oleh Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt Rajo Medan atau yang dikenal luas sebagai RJM, Selasa 10 Desember 2019 dan disaksikan langsung Menteri Hukum dan HM RI Prof. Yasona Laoli.

Dengan kemeja batik, RJM melangkah pasti tampil di atas panggung saat pembawa acara menyebut nama Kabupaten Dharmasraya. Sambil menebar senyum khasnya, RJM menerima penghargaan tersebut dalam dua bentuk.



Pertama berbentuk piagam penghargaan yang dikemas dalam sebuah figura warna emas dan yang kedua berupa surat keputusan Kemenkumham yang menetapkan Kabupaten Dharmasraya sebagai salah satu kabupaten yang peduli dengan HAM tahun 2019. “Nomor SK nya M.HH-42.KP.08.05 tahun 2019,” kata Irwan Zamrud, SH., MH., Kabag Hukum dan HAM Setda Kabupaten Dharmasraya.

Artikel Lainnya

loading…


Usai menerima penghargaan, Wabup RJM mengatakan, dirinya bersama Bupati Sutan Riska menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Hukum dan HAM beserta jajaran, yang telah menetapkan Kabupaten Dharmasraya sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang layak mendapat penghargaan kabupaten peduli HAM.

“Saya yakin ini merupakan serangkaian panjang pengamatan dan menilaian secara objektif. Tidak mungkin kementerian menetapkan sesuatu tanpa pertimbangan yang matang,” kata Wabup RJM.

Selain itu, sambung Wabup RJM, pihaknya bersama Bupati Sutan Riska juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah bekerjasama dan bahu membahu dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dapat memenuhi hak azasi manusia di Kabupaten Dharmasraya.

Masyarakat telah menerima layanan berupa pemenuhan hak dasar, sandang, pangan dan papan, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan layanan infrastruktur lainnya.

Kepada masyarakat luas, Wabup RJM juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang diberikan, sehingga Pemkab Dharmasraya dapat memenuhi HAM dasar. Tanpa dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat, tentu kinerja Pemkab Dharmasraya dalam memenuhi HAM dasar sulit diwujudkan.

“Ini merupakan aktualisasi dari kerja kita semua. Oleh karena itu, mari kita gembira bersama karena menerima penghargaan yang begitu besar dari pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi kinerja kita semua,” kata Wabup RJM.

Ke depan, Wabup RJM mengharapkan, agar pemenuhan HAM di Kabupaten Dharmasraya makin berkualitas. Pemkab Dharmasraya harus bisa mewujudkan adanya pekerjaan yang layak, upah yang layak, kebutuhan dasar yang makin berkualitas. Juga, layanan pemerintahan yang makin bermutu, kesempatan memperoleh pendidikan yang makin luas. Untuk itu, RJM mengajak semua lini kehidupan untuk bekerja makin keras, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat banyak bisa terpenuhi di tahuh tahun mendatang. (Eko)



 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Kemal Effendi Gani

Forum Pemred Desak Polisi, Proses Pelaku Teror Wartawan Detik

Spiritsumbar.com, Jakarta – Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) mendesak pihak kepolisian untuk memproses pelaku ...