Beranda - Bisnis - Deri Asta Targetkan UPTD UKM Berproduksi Lagi
Deri Asta saat apresiasi atlet
Deri Asta saat apresiasi atlet

Deri Asta Targetkan UPTD UKM Berproduksi Lagi

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Mengaktifkan kembali Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Industri  Kecil Menengah yang memiliki aset mesin peralatan tenun modern, namun saat ini tidak beroperasi menjadi target Walikota Deri Asta.

Dalam peninjauan ke lokasi UPTD UKM Muaro Kalaban, Deri Asta dan Zohirin Sayuti bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pada Kamis 18 April 2019 diketahui bahwa banyak mesin yang penggunaannya tidak efektif serta biaya operasional produksi juga sangat tinggi, dua hal itulah yang menjadi kendala utama sehingga kegiatan operasional dihentikan.

Menanggapi hal itu, Walikota Deri Asta langsung mengambil langkah – langkah  agar operasional UPTD tersebut dapat berjalan kembali. Sebab jika tidak, sangat disayangkan kembali mengingat sebenarnya mesin – mesin yang ada tersebut sudah modern dan bernilai potensial besar sekali dalam menunjang produksi kain tenun.

“Karena itu, Pemko akan melakukan perbaikan, penggantian dan penambahan berbagai mesin serta item pendukung kinerja produksi lainnya supaya UPTD ini dapat aktif kembali. Kalau bisa, secepat mungkin, jadi kita coba masukkan anggarannya di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 ini,” sebut Deri Asta.

Memastikan hal itu, Walikota Deri Asta menginstruksikan kepada Disperindag agar bergerak cepat melakukan inventarisir peralatan apa yang perlu diperbaiki, diganti atau ditambah. Kemudian juga melakukan field study untuk kelengkapan revisi laporan ke Kementerian terkait.”Juga kepada Disperindag saya minta untuk dilakukan juga penghitungan (riset) tentang pangsa pasar bagaimana. Jadi nanti setelah kita perbaiki, kita aktifkan kembali, memang bisa apa yang diproduksi di sini menarik pasar. Ada peningkatan daya beli. Karena dengan memasukkan anggaran ke sini, tentu kita juga berharap ada imbal balik keuntungan yang dapat masuk untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita,” tutur Deri.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disperindag, Marwan mengatakan bahwa mesin – mesin yang ada di UPTD Industri Kecil Menengah ini merupakan mesin untuk produksi kain tenun sejak awal pencelupan sampai pada finishing (pengerjaan akhir).

Marwan juga menyebut, bahwa dalam mengakali keterbatasan peralatan blower yang selama ini dioperasikan dengan menggunakan gas LPG, namun daya tekanannya rendah, maka ke depan dipertimbangkan untuk menggunakan daya tekanan uap dari bahan bakar batubara. “Perkiraan awal kita, jika kita butuh daya blower yang lebih besar, maka jika dulu masih menggunakan gas LPG itu tidak relevan lagi. Jadi kita akan mencoba beralih menggunakan tekanan uap yang didapat dari bahan bakar batubara. Ini yang sedang kita kaji lebih rinci bagaimana teknis segala macamnya,” ujar Marwan.   (Rni)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...