Beranda - ADVERTORIAL - Demi Pendidikan Karakter, DPRD Padang Beri Motivasi
Ketua Komisi IV Surya Jufri bersama Anggota Komisi IV DPRD Padang berdiskusi dengan panitia UN SMP 21 Padang
Ketua Komisi IV Surya Jufri bersama Anggota Komisi IV DPRD Padang berdiskusi dengan panitia UN SMP 21 Padang

Demi Pendidikan Karakter, DPRD Padang Beri Motivasi

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Terhitung, Senin (9/5/2016) pelajar SMP sederajat juga melaksanakan ujian nasional. Banyak harapan tertumpang dalam pelaksanaan ujian akhir ini, demi terciptanya generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.

Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Ketua Komisi III, Helmi Moesim AY memantau pelaksanaan UN di SMP 9 Padang
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Ketua Komisi III, Helmi Moesim AY memantau pelaksanaan UN di SMP 9 Padang

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Padang, H. Erisman saat meninjau pelaksanaanUN di SMP Negeri 9 Padang, Senin (9/5/2016).

Dalam kunjungan hari pertama UN ini, H. Erisman didampingi Ketua Komisi III, Helmi Moesim AY dan Kepala Bidang PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Padang, Nurhayati dan Pengawas Sekolah, Laila Meta.

Erisman berharap UN kali ini bisa dijadikan momentum untuk menciptakan siswa jujur dan percaya pada diri sendiri. Dia juga mengaku melihat pesan adanya tawaran kunci dari pihak yang tidak bertanggung jawab. “Anak saya saat ini juga sedang mengikuti UN di salah satu SMP. Saya kaget, lantaran pagi tadi adanya tawaran kunci soal melalui pesan singkat,” ujarnya.

Dia berharap pihak sekolah harus mampu meyakinkan para siswa agar percaya pada diri sendiri. Juga, tidak terbuai oleh rayuan yang mengaku dapat bocoran kunci jawaban.

Menanggapi hal tersebut, Kepala SMPN 9 Kota Padang Efalina, S.Pd. mengaku jauh-jauh hari telah menekankan pada siswa, agar tidak termakan bujuk rayu bocoran kunci jawaban dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Malahan, ujarnya sebelum ujian berlangsung, siswa dikumpulkan untuk lebih menekankan untuk percaya pada diri sendiri.

Lebih jauh, Efalina juga menyampaikan kondisi sekolah yang dipimpinnya yang masih terakteditasi B. Namun, ujarnya akreditasi kembali akan dilakukan tahun 2017. “Mudah mudahan di tahun 2017 kita bisa menggapai akreditasi A. Segala persyaratan untuk mencapainya sudah terpenuhi,” ujarnya dihadapan H. Erisman dan Helmi Moesim.

Anggota Komisi IV saat melakukan pemantauan UN di SMP 10 Padang
Anggota Komisi IV saat melakukan pemantauan UN di SMP 10 Padang

Kepala sekolah yang baru bertugas sejak Januari 2016 tersebut, juga menyampaikan beberapa infrastruktur yang sudah lapuk dimakan usia. Dia berharap, melalui Ketua DPRD Padang, agar dilakukan rehab terhadap bangunan yang rusak. “Kondisi toilet ruang guru tidak layak untuk digunakan. Agar bisa lebih representatif akan dipindahkan pada bagian luar yang masih menyatu dengan ruang guru,” ujarnya yang juga menambahkan tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan UN kali.

Menyikapi hal tersebut, H. Erisman menegaskan sengaja membawa Ketua Komisi III DPRD Padang Helmi Moesim. Dengan harapan, semua keluhan terhadap infrastruktur itu cepat ditanggapi. “Itu sebabnya kita datang bersama ketua komisi III yang juga Ketua Alumni sekolah ini. Agar hal disampaikan tersebut cepat ditanggapi,” ujarnya.

Sementara, Ketua Komisi III Helmi Moesim mengaku akan berupaya menindaklanjuti keluhaan terhadap kondisi sekolah. Menurutnya, infrastruktur pendidikan sangat penting untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. “Ini akan kita prioritaskan, apalagi saya juga ketua alumni di sekolah ini,” ujar Helmi Moesim.

Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Ketua Komisi III Helmi Moesim didampingi Kabid Paudni Disdik Padang, pengawas dan  kepala SMP 9 Padang melihat kondisi fisik ruang yang rusak
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Ketua Komisi III Helmi Moesim didampingi Kabid Paudni Disdik Padang, pengawas dan kepala SMP 9 Padang melihat kondisi fisik ruang yang rusak

Pada hari yang sama, Komisi IV DPRD Padang juga melakukan peninjauan pelaksanaan UN di SMPN 10 Padang dan SMPN 21 Padang. Kunjungan dilakukan untuk melihat kesiapan sekolah dalam proses pelaksanaan ujian. Selain itu, juga untuk melihat lebih dekat kondisi sekolah yang dikunjungi. “Kunjungan ini sangat penting untuk melihat kesiapan sekolah. Begitu juga, hal ini bisa dimanfaatkan untuk melihat kondisi sekolah. Karena salah satu leading sektor Komisi IV itu adalah sektor pendidikan, disamping kesehatan dan kesejahteraan rakyat,” ujar Sekretaris Komisi IV Zaharman. (Adv)

DATUAK

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rapat Pleno Komite I DPD RI usulkan Pansus Papua (foto ist)

Teras Narang : Kasus Papua Tidak Bisa Hanya Dengan Pendekatan Militer

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Kerusuhan Wamena telah menimbulkan trauma mendalam bagi para pendatang. Malahan, sebagian besar ...