Beranda - ADVERTORIAL - Demi Pemahaman Bansos dan Hibah, DPRD Padang Lakukan Bimtek
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Sekwan Ali Basar dan narasumber Bintek
Ketua DPRD Padang, H. Erisman bersama Sekwan Ali Basar dan narasumber Bintek

Demi Pemahaman Bansos dan Hibah, DPRD Padang Lakukan Bimtek

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Lantaran masih terjadinya multi tafsir terhadap dana hibah dan bantuan sosial (Bansos), Anggota DPRD Padang melakukan Bimbingan teknis (Bimtek).

Erisman6Kegiatan yang berlangsung di Hotel Balairung Jakarta tersebut berlangsung dari tanggal 30 Mei sampai 4 Juni 2016. Dengan narasumber berasal dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Keuangan Daerah, Kementarian Dalam Negeri (kemendagri) Republik Indonesia. Selain itu, dalam bintek juga ada kegiatan Character Building (Pembangunan Karakter) DPRD Dalam menunjang Fungsi DPRD.

“Kegiatan Bimtek bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam penerapan Permendagri Nomor 14 tahun 2016, Tentang Hibah dan Bansos. Kita tidak ingin penerapan aturan ini menimbulkan polemik,” ujar Ketua DPRD Padang, H. Erisman melalui selulernya pada Spirit Sumbar, Kamis (2/6/2016)

Apalagi, ujar Erisman anggota dewan memiliki latar belakang, disiplin ilmu dan profesi yang berbeda. Penerapan aturan akan berjalan secara maksimal jika dijalankan dengan kebersemaan dengan menyatukan visi. “Upaya itulah yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Sumatera melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) di Jakarta,” ujarnya.

Erisman7Nara sumber dari kegiatan bimtek ini ujar Erisman juga berasal dari pihak yang berkompeten. Diantaranya, Dr. Hendriwan, M.Si. dari Ditjen Keuangan Daerah Kemdagri. Yang membahas Pedoman Pertanggungjawaban APBD. Selain itu, juga dibahas Telaah Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang bantuan sosial dan hibah oleh Rikie, S.STP, M.Si. juga dari Ditjen Keuangan Daerah Permendagri.

“Dalam bimtek ini juga akan dibahas tentang Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap APBD oleh pejabat BPK RI,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan DPRD dalam menjalankan peran dan fungsinya, tidak hanya ditentukan oleh kewenangan formal yang dimiliki oleh kelembagaan DPRD. Tapi yang jauh lebih penting adalah kapasitas dan kompetensi dari masing-masing personal para anggota dewan.

Bimtek DPRD Padang“Bintek akan jauh lebih bermanfaat karena membahas aturan yang baru disahkan dengan narasumber yang kompeten. Dalam bintek ini, pembahasan informasi juga lebih luas dengan narasumber dari Kemendagri,” ujarnya.

H. Erisman menambahkan, Bimtek juga dilengkapi dengan Character Building. Hal ini bertujuan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat. Juga, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku. (Adv)

DATUAK

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Serius Hadapi Pilgub Sumbar, Donny Moenek Siap Adu Konsep

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  RI, Reydonnyzar Moenek, sudah menjadi perbincangan ...