Beranda - Pariwisata - Budaya - Dekranasda Kota Solok Selangkah Lebih Maju
Ketua Dekranasda Prov Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Kota Solok,Ny Zulmiyetty Zul Elfian meninjau hasil produk UMKM Kota Solok (foto Eri / Spirit Sumbar)
Ketua Dekranasda Prov Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Kota Solok,Ny Zulmiyetty Zul Elfian meninjau hasil produk UMKM Kota Solok (foto Eri / Spirit Sumbar)

Dekranasda Kota Solok Selangkah Lebih Maju

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Solok – Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi irwan Prayitno menlai Dekranasda Kota Solok selangkah lebih maju dari Dekanasda Provinsi dan daerah tingkat dua lainnya dalam mempromosikan hasil karya anak daerah.

Ini terbukti dengan kebijakan Pemerntah Kota Solok menjadikan batik karya anak negeri sebagai seragam pegawai di lingkungan Pemko Solok.

Hal itu diungkapkannya saat mengidentifikasi pembuatan data base di Balairung 99 rumah dinas Walikota Solok, Rabu (5/9/2018).

“Dekranasda Kota Solok selangkah lebih maju dalam mempromosikan hasil karya anak negeri. Kami pun tak mau ketinggalan dan akan mengikuti langkah Dekranasda Kota Solok,” ujar Ny Nevi Irwan Prayitno dihadapan seluruh UMKM dan Posdaya Kota Solok.

Pada kesempatan itu, Nevi menghimbau seluruh UKM yang hadir agar jangan pernah sekalipun remehkan orderan sekalipun jumlahnya hanya sedikit. UMKM harus senantiasa melakukan perbaikan produk dan konsisten menjaga mutu.

Agar produk lebih dikenal, UMKM harus memperhatikan mix and match warna dalam pemakaian produk, menjamin kepastian harga dan kualitas kemudian usahakan memakai produk sendiri pada setiap kesempatan.

Dikatakan Nevi, saat ini nilai tukar rupiah semakin melemah, ini akan berdampak negative bagi masyarakat Indonesia. Untuk menyiasati ini, ia mita ibu-ibu Kota Solok tidak hanya mengandalkan suami. Melainkan harus membuat usaha sendiri dan berpenghasilan sendiri.

“Kita ibu-ibu jangan hanya berdiam diri saja dirumah, ciptakanlah sesuatu dan rajin berkomunikasi dengan sekitar guna mempromosikan hasil karya kita, sehingga kerajinan-kerajinan yang sudah kita buat dan kembangkan bisa dikenal orang banyak,” ujar Ny Nevi Irwan Prayitno.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat akan diadakan Posdaya Award. Untuk itu Kota Solok diharapkan sesegera mungkin melaunching inovasi terbarunya sehingga dapat memotivasi daerah-daerah lainnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, menyebutkan beberapa program yang salah satunya dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan batik kepada pengrajin.

Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mendorong dan memberikan semangat kembali untuk UKM dan Posdaya yang ada dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. (eri)

Tonton Video tanggapan Ketua MUI Gusrizal Gazahar terhadap dirinya masuk Tim Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin.

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat menggelar latihan

Heboh, Kalteng Putra Minta Ganti Wasit Jelang Pertandingan

SPIRITSUMBAR.com – Laga Match 6 Grup A, 8 Besar Liga 2 yang mempertemukan Semen Padang ...