Beranda - Fokus - DBD Mengganas, 10 Orang Jadi Korban di Muaro Bodi
Nyamuk Aedes Aegypti penyebar virus DBD
Nyamuk Aedes Aegypti penyebar virus DBD

DBD Mengganas, 10 Orang Jadi Korban di Muaro Bodi

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Sebanyak 10 orang korban keganasan  Deman Berdarah Dengue (DBD) di Nagari Muaro Bodi Kec. IV. Kab Sijunjung, Provinsi  Sumatera Barat.

Kejadian tersebut baru diketahui tanggal 2 Nopember 2018 ketika pasien yang terkena deman berdarah berobat ke Puskesmas Muaro Bodi. Memang diakui di belakang Puskesmas Muaro Bodi tersebut padat dengan rumah penduduk. Dugaannya masyarakat setempat tidak pernah melakukan tentang aktifitas gotong royong membersihkan lingkungan.

Kabid Kesehatan lingkungan (Kesling ) Kab. Sijunjung Asmardan Nyangsi, S.KM yang dihubungi Jum’at (9/11/2018) menjelaskan, kami sudah turun ke lapangan dan semua pasien yang terkena DBD sudah dirujuk ke RS. Sawahlunto.

Ketika dipertanyakan apakah sudah dilakukan foging / penyeprotan, menurutnya, kalau penyemperotan (foging) itu tidak menyelesaikan masalah. Yang lebih penting  memberdayakan gotong royong untuk lingkungan domisilinya. Misal 1 bulan setidaknya 2 kali, jangan setelah terjadi baru kita sadar untuk berbuat.

“Namun masalah kejadian DBD di Muaro Bodi semua laporan secara kongkrit   pada saya. lengkapnya Dinas Kesehatan Kab. Sijunjung,”ujar Asmardan Nyangsi.

Dikesempatan lain salah seorang tokoh masyarakat Kab. Sijunjung yang enggan ditulis namanya mempertanyakan rujukan ke RSUD Sawahlunto. Menurutnya,  kenapa tidak dibawa ke RSUD Sijunjung, padahal RSUD Sijunjung sudah tipe C, apakah kurang sarana dan prasarana menangani masalah DBD,” ungkapnya. (Riyon).

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Khatam Bukan Berhenti Baca Al Quran

SPIRITSUMBAR.com – Membaca dan memahami Qur’an sangat perlu sekali Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt ...