Minggu , 23 September 2018
Beranda - Pariwisata - Event - Datuk Tambogo Dilewakan, Rang Baso Baralek Gadang

Datuk Tambogo Dilewakan, Rang Baso Baralek Gadang

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Baso – Ribuan orang datang silih dengan pakaian kebesaran orang Minangkabau dalam beberapa hari belakangan di Jorong Sungai Angek, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso.

Malahan beberapa tokoh nasional dan lokal juga menyempatkan diri untuk hadir sambil mengucapkan selamat atas dikukuhkannya gelar Pusako adat Datuak Tambogo dari suku Chaniago Sungai Angek, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sabtu (17/3/2018).

Mereka diantaranya, Staf Ahli Menko PAN RB Republik Indonesia, Shadiq Pasadigoe, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Anggota DPRD Sumbar, Novrizon, Bupati Agam Indra Catri dan sejumlah tokoh lainnya.

Kehadiran para tamu disambut dengan berbagai tarian tradisional disertai siriah dalam carano. Tak ketinggalan iringan gendang tasa yang membuat makin meriahnya suasana.

Walau dalam kondisi yang sangat berdesakan, tidak membuat mereka menjadi resah. Hal ini, bisa dimaklumi lantaran jalan menuju rumah gadang masih terbilang kecil yang seakan tidak mampu menampung para undangan dan masyarakat yang ingin melihat secara langsung prosesi melewakan gelar adat yang terjadi.

Kalau toh sebelumnya proses melewakan hanya dalam bentuk sederhana tanpa menghadirkan undangan yang banyak.

Selanjutnya >>> Gubernur Sumbar : Taslim Sudah Bergelar Datuak Tambogo

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Minat Penentu Kesuksesan

Oleh: Yoan Valenza (Siswa SMAN.1 Pulau Punjung ) Menurut hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa kurangnya ...