Beranda - Pariwisata - Budaya - Datuk Bandaro Jambak Dilewakan, Penghulu Harus Berperan Aktif

Datuk Bandaro Jambak Dilewakan, Penghulu Harus Berperan Aktif

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar РPenghulu sebagai pucuk pimpinan kaum dituntut memperkuat peran dalam pembinaan kepada masyarakat menghadapi tantangan perkembangan zaman. Sebagai suluh bendang di dalam nagari. Penghulu harus mampu membentengi anak kemenakan dalam kaumnya  dari berbagai ancaman penularan penyakit masyarakat yang menggerus nilai-nilai agama, adat, budaya, etika dan moral.

Pesan itu disampaikan dalam pengukuhan gelar adat Datuak Bandaro Jambak kepada Drs. Bambang Hermanto sebagai penghulu adat kaum suku Jambak Nagari Bukit Siayah Lumpo Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, Rabu (20/6/2018).



Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pesisir Selatan Novrial Bahrun Datuak Suri Maharajo menyampaikan, seorang penghulu harus mampu mempersatukan anak kemenakan dan menegakkan nilai-nilai agama dan adat dalam kehidupan sosial.

Artikel Lainnya

loading…


“Seorang ninik mamak merupakan suluh bendang, yang harus mampu membina anak kemenakan agar tidak tererjumus melakukan berbagai penyakit masyarakat. Sekaligus, ninik mamak harus menjadi pemersatu, menegakkan nilai-nilai adat dan budaya,” pesannya.

Dia menyampaikan keprihatinan terhadap semakin tergerusnya nilai-nilai adat dan budaya dalam kehidupan sosial masyarakat dewasa ini. Kondisi ini menuntut peran ninik mamak untuk melakukan pembinaan kepada anak kemenakan.

Filosofi tatanan sosial yang berjenjang dari kemenakan ke mamak, mamak ke penghulu serta penghulu mempedomani aturan yang benar hendaknya bisa dilaksanakan kembali secara maksimal. Sehingga aturan kehidupan sosial yang berpedoman kepada nilai agama, adat dan budaya bisa tegak dan dijunjung tinggi.

Proses Malewakan gelar Datuak Bandaro Jambak di Nagari Bukit Siayah tersebut dihadiri banyak tokoh. Diantaranya Dr. H. Alirman Sori, tokoh muda Kabupaten Pesisir Selatan yang saat ini berkiprah sebagai anggota Lembaga Pengkajian MPR RI. Juga ada Drs. H. Iswandi Latif, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat serta Aprinal Tanjung, anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain itu juga dihadiri oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Gunawan dan Wakil Kapolres Pesisir Selatan serta beberapa orang kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Pesisir Selatan.

Tokoh muda Kabupaten Pesisir Selatan Dr. H. Alirman Sori dalam kesempatan itu berharap, Bambang Hermanto Datuak Bandaro Jambak dapat mengemban amanah sebagai seorang penghulu dengan baik. Memegang jabatan penghulu harus diniatkan untuk bekerja ikhlas mengayomi anak kemenakan.

“Semoga Datuak Bandaro Jambak dapat mengemban amanah dengan baik, bekerja dengan ikhlas mengayomi anak kemenakan serta menguatkan peran dalam menjaga nilai-nilai agama, adat dan budaya dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat,” harapnya.

Penobatan Bambang Hermanto sebagai Datuak Bandaro Jambak dilakukan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lumpo Syafril Erfindo Datuak Gamuak. Dengan dilewakannya jabatan penghulu kaum suku Jambak Bukik Siayah Lumpo tersebut, Datuak Bandaro Jambak yang baru diharapkan dapat memperkuat peran ninik mamak dalam meningkatkan persatuan dan kekompakan masyarakat. (rel)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Esteban Vizcarra saat berkostum Semen Padang FC

Jelang Hadapi Hongkong, Bima Sakti Pulangkan Esteban Vizcarra

Spiritsumbar.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti memulangkan Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanussa jelang ...