Beranda - Pendidikan - Artikel - Dampak ICT pada Pendidikan

Dampak ICT pada Pendidikan

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Tensiswarni ( SDN. 07 Kampung Jawa)

ICT (Information Communication Teknology ) merupakan suatu alat yang dapat mempermudah guru dan siswa. Memanfaatkan ICT dalam pembelajaran dapat mempermudah dan memberikan informasi dalam setiap pembelajaran. Saat ini teknologi sudah menyebar hampir keseluruh wilayah Indonesia bahkan sudah sampai ke pelosok- pelosok.

ICT saat ini sudah menjadi kebutuhan. Canggihnya ICT pada zaman sekarang membawa perubahan besar bagi dunia, begitu juga bagi dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan sesuai dengan zamannya. Ketinggalan rasanya kalau kita sebagai guru masih belum bisa menggunakan ICT.

Jika kita bicara mengenai pendidikan, pastinya tidak terlepas dari guru, siswa dan tenaga kependidikan. Pendidikan merupakan ujung tombak untuk kemajuan suatu daerah yang berpengaruh terhadap perkembangan generasi bangsa Indonesia.

Menurut Undang –Undang RI Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1 menyatakan “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan , akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara”.

Pendidikan sebagai usaha sadar tidak terlepas dari usaha seorang guru. Pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat. Sebagai guru harus bijak dalam membuat perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sampai melakukan evaluasi. Pendidikan yang hasilnya dapat memuaskan tergantung pada kiat-kiat guru dalam menyajikan pembelajaran. Sebagai seorang guru kita harus bisa menggunakan ICT artinya seorang guru harus mampu memanfaatkan penggunaan ICT di sekolah terutama dalam proses pembelajaran.

Strategi pembelajaran dengan menggunakan ICT dapat menarik minat siswa dalam belajar. Salah satu penggunaan ICT dalam pembelajaran pemakaian animasi saat memberikan materi pembelajaran. Biasanya animasi dilihat oleh peserta didik kita saat menonton film kartun di Televisi (TV) dan Hand Phone Android yang mengakibatkan siswa lebih suka menonton TV dari pada membaca buku pelajaran.

Dengan penggunaan animasi ketika pembelajaran siswa bisa terfokus untuk belajar karena pada saat pembelajaran dengan cara animasi ini benda yang kita jadikan media yang di tampilkan melaui infokus bisa bergerak dan lebih menarik.
Siswa akan lebih mudah memahami topik pembelajaran melalui animasi. Animasi merupakan gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur perperagaan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.Gambar tersebut dapat berupa gambar mahkluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Animasi merupakan salah satu sarana yang paling mudah dan gampang kita gunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, animasi yang sudah dirancang sedemikian rupa, menimbulkan minat belajar bagi siswa. Siswa akan lebih mudah memahami topik pembelajaran dengan melihat banyak informasi. Gambar yang disajikan lebih menarik dan disenangi oleh siswa.

Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan ICT dapat mempermudah guru dalam menyajikan pembelajaran dari pada konvensional dan bagi siswa ICT dapat mempermudah pemahaman dalam menerima pembelajaran, mari kita sebagai guru menggunakan ICT dalam belajar. ICT akan memberikan dampak pada pendidikan. Tentu dampak yang dinginkan adalah dampak yang positif.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

GRMS Potensi Investasi Sektor Pariwisata

Oleh: Riyon. Lengkap sudah pemenuhan persyaratan sesuai Perpres N0.9 Tahun 2019 tenang Pengembangan Geopark (Taman ...