Beranda - Berita Pilihan - Daging Babi Resahkan Dharmasraya
Satpol PP Dharmasraya sedang memperlihatkan tumpukan limbah babi - Eko/Spirit Sumbar

Daging Babi Resahkan Dharmasraya

Print Friendly, PDF & Email

Bupati Dharmasraya, H. Syafrizal menegaskan daging babi yang dikumpulkan oleh para penadah tidak diedarkan di wilayah kabupaten Dharmasraya. “Tidak diedarkan di Dharmasraya,” tegas bupati yang biasa disapa Ucok ini.

Oleh karena itu warga Dharmasraya tidak perlu resah dengan kejadian penggerebekan pusat pengumpulan daging babi itu.

Menurut Ucok, secara periodik Pemkab Dharmasraya melakukan observasi dan pemeriksaan peredaran daging baik di pasar maupun di lingkungan industri pangan. Namun belum ditemukan adanya peredaran daging babi. “Berdasarkan laporan SKPD yg memiliki tanggungjawab mengawasi peredaran pangan, tidak menemukan peredaran daging babi di Dharmasraya,” tegas bupati.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak cemas dengan penggerebekan tempat pengumpulan daging babi, karena daging babi yg dikumpulkan dari hasil tangkapan alam itu tidak diedarkan di Dharmasraya, melainkan diedarkan di daerah dimana ada warga yg tidak dilarang mengkonsumsi daging babi.

Ucok menyatakan, jika masyarakat resah akibat terganggu dengan limbah penanganan daging babi, ia setuju tempat pengumpulan daging babi ditutup saja. Namun jika tidak meresahkan masyarakat, maka biar saja usaha tersebut hidup. Toh penangkapan babi liar untuk diambil dagingnya itu akan mengurangi populasi babi yang sejatinya juga merupakan hama bagi tanaman.

Kepada mereka yg memiliki pekerjaan sebagai panampung babi, diminta untuk menghormati masyarakat di sekitarnya dengan memagar tinggi tempat usahanya, tidak membuang limbah sembarangan dan tidak menimbulkan bau busuk bagi lingkungannya. “Saling menghormatilah,” pinta bupati.

EKO

Sebelumnya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...