Beranda - Berita Pilihan - Curah Hujan Masih Tinggi, Gubernur Sumbar Minta Waspada
Upaya penyelamatan korban banjir, Kamis (11/10/2018)
Upaya penyelamatan korban banjir, Kamis (11/10/2018)

Curah Hujan Masih Tinggi, Gubernur Sumbar Minta Waspada

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari ini, telah menimbulkan bencana di Sumatera Barat. Malahan dampak hujan Kamis (11/10/2018) siang sampai Jumat (12/10/2018) telah menelan 6 korban jiwa.

Malahan, dari prediksi tingginya curah hujan diperkirakan akan berlanjut sampai bulan Desember 2018. Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menghimbau bupati dan walikota se Sumbar  untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan terjadinya longsor, banjir dan lain-lain akibat tingginya curah hujan.

Dia juga berharap masing-masing daerah mengaktifkan Posko Penanggulangan Bencana selama 1×24 jam setiap hari. Juga, selalu aktif berkoordinasi melalui SKPD terkait dengan daerah lain dan Pemprov untuk saling memberikan informasi kondisi didaerahnya masing-masing.

Diharapkan kepada masyarakat yang tinggal didaerah perbukitan dan lembah untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya longsor. Direkomendasikan jika curah hujan tinggi dan intensitasnya lama, untuk segera mencari tempat yang tidak beresiko terdampak longsor dan banjir.

Kepada pengendara kendaraan dia juga berharap untuk berhati-hati karena jalan licin dan juga waspada jika melewati jalanan yang dikiri-kanannya ada perbukitan dan lembah.

Berikut isi lengkap surat himbauan Gubernur Sumbar

 

HIMBAUAN GUBERNUR SUMBAR

Dengan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir ini dan diperkirakan akan berlanjut sampai bulan Desember 2018, dengan ini kami menghimbau:

1. Agar Bupati dan Walikota se Sumbar meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan terjadinya longsor, banjir dan lain-lain akibat tingginya curah hujan.

2. Diharapkan masing-masing daerah mengaktifkan Posko Penanggulangan Bencana selama 1×24 jam setiap hari.

3. Selalu aktif berkoordinasi melalui SKPD terkait dengan daerah lain dan Pemprov untuk saling memberikan informasi kondisi didaerahnya masing-masing.

4. Diharapkan kepada masyarakat yang tinggal didaerah perbukitan dan lembah untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya longsor. Direkomendasikan jika curah hujan tinggi dan intensitasnya lama, untuk segera mencari tempat yang tidak beresiko terdampak longsor dan banjir.

5. Diharapkan kepada pengendara kendaraan untuk berhati-hati karena jalan licin dan juga waspada jika melewati jalanan yang dikiri-kanannya ada perbukitan dan lembah.

Agar semua kita tetap tawakkal kepada Allah SWT dan berdoa semoga Allah SWT melindungi kita semua dari mara bahaya.

Aamiinn

GUBERNUR SUMBAR

Prof. Irwan Prayitno

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Timnas U-16, Sutan Diego Armando Ondriano Zico. (foto pssi)

Sutan Zico Bakal Hadir di Opening Ceremony Minangkabau Cup 2018

SPIRITSUMBAR.com – Opening Ceremony Minangkabau Cup II tahun 2018 bakal tampil dalam suasana heboh dan ...