Beranda - Headline - CSR Pertamina Lebih Fokus Pada Lingkungan Hidup
Wagub Sumbar memperagakan penangkaran induk penyu di Pariaman
Wagub Sumbar memperagakan penangkaran induk penyu di Pariaman

CSR Pertamina Lebih Fokus Pada Lingkungan Hidup

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Pariaman – PT Pertamina Marketing Operation Region I terus menunjukan komitmennya dalam melestarikan keanekaragaman hayati yang ada di Sumatera Barat.

Kali ini  melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan, Pertamina MOR I melaksanakan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Diantaranya bersih-bersih pantai, pelepasan tukik (anak penyu), transplantasi terumbu karang, tinjau area tracking mangrove dan penanaman mangrove, Minggu (4/2/2018).

Kegiatan yang bertema Pertamina Peduli Lingkungan ini, dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Direktorat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup, Karliansyah, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, Anggota Komisi VI DPR RI, H. Refrizal, dan Senior Vice President HSSE Pertamina, Lelin Eprianto.

Sebelumnya, berbagai program CSR Pertamina MOR I di wilayah Sumatera Barat bidang lingkungan telah melaksanakan, budidaya mangrove melalui penanaman 10.000 batang pohon mangrove dan akses jalan setapak eduwisata mangrove bekerjasama dengan Pemkot Pariaman.

Berikutnya, penanaman mangrove sebanyak 2.500 batang di Teluk Kabung, Kota Padang dan penanaman 2.000 pohon gaharu di Sungai Buluh. Termasuk,  pemberdayaan ekonomi bagi petani gaharu dan petani lebah madu jenis bunga mekal di Sungai Buluh Timur,  Kabupaten Padang Pariaman, bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN).

Sedangkan di bidang pendidikan, Pertamina MOR I juga telah memberikan bantuan berupa pemberian sarana dan prasarana di SMA Negeri 2 Batang Anai, serta, pendampingan sekolah menuju sekolah adiwiyata. Ditambah bantuan penanaman Taman Terumbu Karang melalui penanaman 1.500 bibit terumbu karang yang berlangsung di Pantai Gandoriah, Pulau Ujung, Kota Pariaman.

Disamping itu, penanaman 240 kubus terumbu karang buatan di Teluk Kabung, juga pelepasan 5000 tukik ke laut lepas sebagai Perlindungan satwa langka yang merupakan biota khas daerah Pariaman agar keberadaannya tetap Lestari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Siti Aisyah  saat pelepasan tukik (anak penyu) menyampaikan, kegiatan ini selain merupakan wujud keperdulian PT. Pertamina juga dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan PROPER Emas.

Proper merupakan program penilaian kinerja perusahaan. Proper merupakan program pusat yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup untuk meningkatkan ketaatan perusahaan dalam mengelola lingkungan kegiatannya yang setiap tahunnya diberikan penghargaan oleh Presiden.

“Dan tingkatan paling tinggi emas, hijau, biru = standar, merah dan hitam, serta saat ini PT Pertamina sudah pada posisi nilai 2 x hijau,” ujarya.

Dia juga menyampaikan transplatasi terumbu karang ini gunanya untuk mengembangkan terumbu karang, karena sudah banyak terumbu karang yang mati maka perlu campur tangan manusia guna pengembangan terumbu karang kembali.

Transplatasi adalah metode pengembangan terumbu karang dimana pada lokasi yang terumbu karangnya rusak atai sedikit ditempatkan semacam bibit terumbu karang yang diikat pada media dan rangka tertentu, sehingga dapat berkembang. Kalau terumbu karangnya sudah banyak, tentu ikannya juga akan banyak, ujarnya.

Berikutnya: Langkah Kehati Pertamina di Pantai Pariaman

Sebelumnya  [ 1 ]   [ 2 ]    [ 3 ]   Selanjutnya

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 versus Qatar di penyisihan Grup A

Timnas U-19 Dihajar Qatar, Ini Kata Indra Sjafri

Spiritsumbar.com – Tim Nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Qatar dengan skor 5-6 pada laga ...