Beranda - Headline - Camat Dorong Keltan Tingkatkan Produk Pertanian Organik
Bupati Agam Indra Catri melantik salah seorang camat perempuan
Bupati Agam Indra Catri melantik salah seorang camat perempuan

Camat Dorong Keltan Tingkatkan Produk Pertanian Organik

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Kamang Magek – Untuk meningkatkan hasil produksi di bidang pertanian Camat Kamang Magek, Harmezi, mendorong kelompok tani (keltan) untuk terus meningkatkan hasil dan produk pertanian organik di kecamatan Kamang Magek.

Saat ini produk pertanian organik yang berada di kecamatan ini, didorong agar lebih berkembang, dan menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya,” ujarnya, didampingi Kepala UPT BP4K2P Kecamatan Kamang Magek, Bahkrizal, beberapa waktu lalu.
Artikel Lainnya

loading…


Hal ini dibuktikan Kelompok Tani Usaha Mudo telah berhasil mewujudkan pertanian organik, yang dimulai dari tahun 2006 hinga sekarang. Selain itu, kelompok ini telah mendapatkan sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Sumatera Barat.

Penerapan organik yang dilakukan oleh Keltan Usaha Mudo ini, menjadikan kelompok ini mewakili Kabupaten Agam dalam ajang penilaian kategori kelompok tani tanaman pangan   provinsi Sumatera Barat ungkapnya.

Penilaian itu telah dilaksanakan  di lokasi Kelompok Tani (keltan) Usaha Mudo, di Jorong Pauh, Nagari Kamang Mudiak.

Saat itu, Ketua Tim Penilai dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkembunan Provinsi Sumatera Barat, Desviana Syarif,  mengaku takjub dengan hasil yang telah dicapai  kelompok tani tersebut.

Dari penilaian sebelumnya, dari kabupaten/kota, kebanyakan kelompok tani masih bertanam dengan sistem konvensional, yang mengandalkan pupuk kimia. Tetapi disini telah menerapkan organik yang ramah lingkungan paparnya.

Di tambahkan Harmezi bahwa Keltan Usaha Mudo juga telah berhasil menembus pasar di luar Sumatera Barat, dengan penjualan produk berupa beras organik, yang telah menjangkau provinsi lain, bahkan sampai ke pulau jawa.  Di samping meningkatkan peluang kesejahteraan masyarakat secara sinikfikan, permintaan beras organik ini dipasaran sangat tinggi, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional katanya. (Irman Naim)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Menunggu Kreasi Generasi Tamat Kuliah

Spiritsumbar.com, Padang – Setelah tamat kuliah diharapkan generasi muda ini mesti kreatif apakah cari kerja ...