Beranda - Headline - Bupati Warning Walinagari Terpilih
Bupati Yuswir Arifin melantik walinagari se Kabupaten Sijunjung (foto Riyon)
Bupati Yuswir Arifin melantik walinagari se Kabupaten Sijunjung (foto Riyon)

Bupati Warning Walinagari Terpilih

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung – Sebanyak 35 Wali Nagari Terpilih dilantik oleh Bupari Sijunjung Drs.H.Yuswir Arifin, MM. Dt. Indo Marajo, Kamis, 17 Oktober 2019.

Dalam arahannya, Bupati H.Yuswir Arifin, menegaskan dalam menjabat selama 6 tahun, harus sesuai visi dan misi. Juga, dalam pengelolaan uang yang kucurannya dari Kementerian Desa tersebut, bukan hanya berorentasi pada pembangunan fisik, utamakan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat serta SDM dan kesehatan.
Bupati H.Yuswir juga wanti-wanti penggunaan dana Nagari tersebut sesuai aturan yang telah ada.

Hal lain yang perlu difahami adalah tentang Pengangkatan Pemberhentian Perangkat Desa/Nagari, harus sesuai aturan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa/Nagari.



Walinagari tidak bisa seenaknya menukar secara frontal perangkatnya. Atau memberhentikan dan diganti orang baru pilihan Walinagari.Karena perangkat Nagari yang ada itu sudah dibekali dengan Bintek, sesuai jabatannya sebagaiperangkat, masing-masing bidang. “Kegiatan bintek tersebut memakai uang negara ,harus tercapai program Nagari,” ucap H.Yuwir Arifin.



Dalam kesempatan terpisah komentar dari Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS) Fajar Septrian, andaikata Walinagari terpilih mengganti seluruh perangkatnya, tanpa memahami aturan dari pusat, itu berbahaya.Sebab pelaksanaan pemindahan dan/atau pemberhentian perangkat nagari dan staf nagari ditetapkan welalui Keputusan Wali Nagari dan wajib dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat. Selanjutnya rekomendasi tertulis Camat didasarkan pada persyaratan pemindahan dan/atau pemberhentian perangkat Nagari.

Artikel Lainnya

loading…


“Andaikata Wali Nagari nekat memberhentikan perangkat Nagari berdasarkan pilihan Walnag Terpilih, tanpa mempedomani Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Nagari, bisa di PTUN kan oleh perangkat yang di berhentikan,” ujarnya.

Dalam roling perangkat internal ujarnya,juga harus hati-hati, misal bidang atau Kaur keuangan di roling dengan orang yang sudah mengikuti bintek tentang menejemen pengelolaan keuangan Nagari. Jelas bukannya malah tambah progres, mundur selangkah.

“Apalagi diganti orang baru pengalaman belum pernah mengikuti bintek, ini merugikan negara. Jadi kesimpulanya menjalankan roda pemerintahan desa harus sesuai aturan pemerintah pusat. Harus arif dan bijaksana dan memahami tupoksi, tidak otoriter lamak diawak saja,” ujarnya.

Dalam acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wali Nagari, jKetua TP. PKK Kab Sijunjung Hj. En Yuswir Arifin juga melantik Ketua TP. PKK Nagari Periode 2019-2025.  (Riyon).

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

13 Rumah Dihantam Longsor di Tanjung Sani

SpiritSumbar com, Agam – Sedikitnya 13 unit rumah rusak akibat hujan deras dan tanah longsor ...