Minggu , 18 November 2018
Beranda - Headline - Bupati Tanah Datar : Tujuh Hari Status Tanggap Darurat
evakuasi korban longsor di Tanjung Bonai, kabupaten Tanah Datar
evakuasi korban longsor di Tanjung Bonai, kabupaten Tanah Datar

Bupati Tanah Datar : Tujuh Hari Status Tanggap Darurat

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Banjir Bandang Jorong Piubuah Nagari Tanjung Bonai dan Longsor Kalo-kalo Jorong Mawar Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara Kamis (11/10/2018) pukul 18.30 WIB menyisakan duka mendalam.

Data Posko Bencana Banjir Bandang di Mapolsek Lintau Buo Utara diinformasikan, longsor terjadi di Kalo-kalo Jorong Mawar Nagari Lubuak Jantan sempat menimbun 2 warga setempat, namun berhasil diselamatkan dan sekarang dirawat di Puskesmas Lintau Buo 1. (Baca : Banjir Bandang Lintau Buo, Empat Tewas Belasan Luka Luka)

Di Lubuak Jantan juga akibatkan satu unit rumah warga rusak berat, menghanyutkan ternak warga dan merusak areal sawah dan ladang. Sampai saat ini, belum terdata jumlah sawah yang mengalami kerusakan tersebut.

Sementara itu, banjir bandang Tanjung Bonai, setidaknya menewaskan 4 orang, dimana 3 orang korban terdiri dari ibu dan dua anak serta seorang pengendara yang diketahui berprofesi sebagai tukang ojek 6 orang warga dirawat di puskesmas Lintau Buo Utara, dan satu orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar.

Melihat kondisi perkembangan iklim dan cuaca serta hasil rapat bersama pihak terkait, Bupati Irdinansyah Tarmizi menetapkan status tanggap darurat selama 7 hari dimulai 11 Oktober 2018.

“Masa tanggap darurat bisa saja diperpanjang kalau sekiranya dibutuhkan. Dan saat ini prioritaskan untuk proses evakuasi dan mencari kemungkinan korban yang belum ditemukan, kemudian jalur transportasi diperlancar,” katanya.

Irdinansyah juga menghimbau kepada petugas untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk mempercepat penanganan bencana. “Pemerintah bersama masyarakat dan relawan kebencanaan bekerjasama, bahu membahu membersihkan material yang terdampak musibah dan tentu saja yang bisa oleh tenaga manusia saja, yang lainnya akan berusaha dengan alat berat tersedia,” katanya. (Dvd)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...