Beranda - Pariwisata - Event - Bupati Sijunjung : Lingkungan Bersih Adalah Kebutuhan

Bupati Sijunjung : Lingkungan Bersih Adalah Kebutuhan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Sijunjung -Pencapaian ODF di Kab . Sijunjung sampai sudah 82,2 persen. Ditargetkan, akhir 2019 semua akan terpenuhi.

Hal itu dikatakan Ketua Forum Kabupaten Sijunjung Sehat (FKSS) Fajar Septrian, SE pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Verifikasi Lapangan (RVL) di hotel Bukik Gadang Muaro Sijunjung Senin (29/7/2019).

Fajar Septrian menjelaskan tentang pengejawantahan kegiatan. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Sijunjujg Sehat yang berorentasi penguatan sanitasi.




“FKSS merupakan ujung tombak oleh OPD dalam mewujudkan Kab. Sijunjung Sehat. Apapun yang dilakukan OPD ujung-ujungnya berdampak ke Kabupaten Sehat. Banyak hal yang harus kita lakukan , klasternya ke Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Target pihak kita adalah mewujudkan kabupaten sehat. Kemarin ada seolah-olah targetnya pekerjaan, dimana daerah yang berkiprah dalam mewujudkan pembangunan di berikan penghargaan,” tambahnya.

Artikel Lainnya

loading…


Tugas membangun Kabupaten Sehat itu membudayakan masyarakat agar berperan serta berkiprah dalam mensukseskan program sanitasi di Kab. Sijunjung.

“Jadi penghargaan itu dilihat, seolah-olah mengejar penghargaan. Kalau kriterianya memenuhi persyaratan, dari tim pusat akan mendapatkan penghargaan,” ujarnya.

Menyinggung masalah ODF, setiap penduduk harus memiliki MCK standar kesehatan. Memang pencapaian ODF 82,2 % saat ini. Sisanya masih ada masyarakat yang belum punya WC , disinilah Tugas kita mewujudkannya , karena WC merupakan suatu kebutuhan. Kab. Sijunjung sudah mempunyai sanitasi yang standar.

Bupati Sijunjung Drs. H. Yuswir Arifin, MM. Dt. Indo Marajo saat pembukaan mengatakan untuk sehat tidak melihat berapa kelompok, tapi lingkungan yang bersih merupakan kebutuhan hidup.

FKSS ujarnya merupakan organisasi memiliki tugas pokok dalam hal keberhasilan sanitasi di Kab. Sijunjung.

Sementara, Sekdakab Zefnihan, AP. M.Si, mejelaskan dua hal yang dapat didiskusikan, bagaimana tim verifikasi Wistara 2019 tersebut datang. Apa yang harus kita siapkan.Dan ini bukan penilaian menjustifikasi, indikator sudah disampaikan sebelum dilakukan pengisian dan ditindak lanjuti. Bukankah sudah dituangkan aplikasi penilaian.

Dalam Rakor ini yang kita bahas.Kemudian kesiapan yang kita dan agenda kedatangan tim yang mendampingi ketika di lapangan, baik dari OPD, FKSS, Pokja Kec.Sehat dan Pokja Nagari Sehat, papar
Sekdakab Zefnihan . (Riyon).



 

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dua dari tiga pelaku Narkoba di Dharmasraya

Dalam Satu Malam, Polres Dharmasraya Cokok Tiga Pengedar Narkoba

SPIRITSUMBAR.com, Dharmasraya – Dalam satu malam, tiga orang pemuda diduga pemakai dan pengedar narkoba di ...