Beranda - Headline - Bupati Antar Beras ke Rumah Warga Miskin, Ada Apa?
Bupati Antar Beras ke Rumah Warga Miskin Pakai Motor
Bupati Antar Beras ke Rumah Warga Miskin Pakai Motor

Bupati Antar Beras ke Rumah Warga Miskin, Ada Apa?

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Harau Tengah – Wujud kepedulian sosial sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat ditunjukkan oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Suatu ketika, ia mengantarkan langsung bantuan beras guna memenuhi kebutuhan makan warganya. Hal itu ia lakukan, guna memberi contoh, sebagai upaya mewujudkan semangat Nawacita Presiden Jokowi: menghadirkan negara ke tengah masyarakat.
Artikel Lainnya

loading…


Imun, 40, warga Kobun Lobuah Nan Panjang, Jorong Sarilamak, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau Tengah serius memungut kayu kayu bakar ke dalam dapur kayu di bagian belakang rumahnya. Tubuhnya yang ringkih berbalut baju lusuh, siang itu tampak mulai melamban, menyiapkan segala kebutuhan, memasak menu berbuka puasa untuk 10 anggota keluarganya.

Maklum, Imum tercatat sebagai warga kurang mampu di Nagari di Pusat IKK Limapuluh Kota itu. keluarga malang yang dilaporkan kerap kesulitan mencari beras demi sesuap nasi bagi anak-anaknya. Miris memang, tapi memang begitulah kondisi hidup mereka saban hari.

Beruntung, Jumat (23/6) siang itu, dirinya tiba-tiba dikejutkan oleh kedatangan orang nomor satu di Luak Nan Bungsu. Ya, orang dermawan rendah hati itu ialah Bupati Irfendi Arbi, yang sejak beberapa hari sebelumnya mendapat laporan, perihal kondisi hidup keluarga, Imun.

Bahkan, agar bisa sampai di rumah Imun yang berjarak 1 kilometer dari ruas Jalan Negara, untuk membawa bantuan beras, Bupati terpaksa menempuhnya dengan menunggangi sepeda motor. Sebab, kondisi jalan yang sempit ditambah jalan raya Sumbar-Riau tepatnya di Pasar Sarilamak, kala itu macet total karena padatnya arus mudik lebaran.

Begitu melihat kedatangan Bupati ke kediamannya memakai motor bebek, Imun yang sedang berada di depan rumahnya sontak terkejut. Ia yang sudah mengenal wajah Bupati, tampak terkesima dengan raut wajah penuh tanya, ketika di hampiri Bupati.

“Ibuk yang banamo Imun? Ambo sangajo datang kasiko, nio maantakan bareh jo saketek bantuan untuak babuko puaso. Mudah-mudahan lai bisa saketek mambantu kebutuhan Ibuk jo keluarga,” kata Irfendi, seraya menyerahkan satu karung beras ke tangan Imun.

Melihat itu, Imun langsung cekatan menyambut karung beras. Dengan wajah sumringah, Ibu 9 anak itu pun langsung mengacungkan tangan kanannya untuk bersalaman, seraya mengucapkan terima kasih kepada Bupati. “Tarimo kasih banyak Pak Bupati, lah jauah-jauah datang ka rumah kami,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Ketika Bupati hendak berpamitan dengan Imun, tanpa disengaja dari jarak yang tidak begitu jauh terlihat seorang laki-laki tua sedang bersusah payah sambil terpincang-pincang mendorong gerobak reotnya. Sontak saja, melihat kondisinya bupati langsung mendekatinya. “Ba’a kaki Apak? lai talok mendorong grobak ko?,” tanya Bupati seraya membantu bapak yang diketahui bernama Ujang (60).

Dari ceritanya, ternyata Ujang pernah mengalami kecelakaan saat dia bekerja sebagai pemetik pohon kelapa. Akibat kondisi itu, terpaksa ujang mengalami patah kaki dan mengalami kepincangan. Namun, walaupun dengan kondisi seperti itu Ujang tetap semangat mencari nafkah untuk keluarganya, demi menghidupkan kedua anak-anaknya.

Mendengar cerita Ujang, bupati yang dari tadi membawa beras di atas motornya langsung memberikan beras dan sedikit bantuan kepada Ujang. “Pak iko ado seketek bantuan dari Ambo, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuak Apak. Tetap semangat ya pak”, ujar Bupati. (wba ).

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

KPU Provinsi NTB Masih Identifikasi Berbagai Temuan di Tahapan Persiapan

SpiritSumbar.com, Nusa Tenggara Barat – Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan ...