Beranda - Headline - Buka MNEK 2016, Jokowi Kunjungi Padang
Sekda Padang, Nasir Ahmad meninjau persiapan sail komodo 2016 (foto: Humas - Spirit Sumbar)
Sekda Padang, Nasir Ahmad meninjau persiapan sail komodo 2016 (foto: Humas - Spirit Sumbar)

Buka MNEK 2016, Jokowi Kunjungi Padang

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Menurut rencana, Presiden RI, Joko Widodo membuka iven Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, di Padang , Selasa (12/4/2016).

Rencana kedatangan presiden yang akrab dipanggil Jokowi ini ke Padang dikatakan Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad dalam rapat persiapan MNEK 2016 atau Sail Komodo di kediaman Walikota Padang di jalan A. Yani, Sabtu (9/4/2016) malam.

“Presiden akan hadir membuka Sail Komodo dan meresmikan Tugu Perdamaian di Muaro Lasak,” kata Sekda di depan seluruh peserta rapat.

Disebutkan Nasir Ahmad, Presiden mendarat di Padang, Senin (11/4/2016). Presiden akan bermalam di Indarung. “Presiden bermalam di Wisma Indarung PT Semen Padang, kehadirannya disambut tari gelombang,” ujar Sekda.

Selasa (12/4/2016) pagi, Presiden dijadwalkan membuka MNEK 2016 di Makodam Lantamal II Teluk Bayur Padang. Di sini, selain membuka kegiatan Sail Komodo, Presiden akan disuguhi tari massal. “Tari massal disiapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” terang Sekda.

Presiden juga dijadwalkan meresmikan Tugu Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Padang. Presiden akan menandatangani prasasti tugu tersebut pada pukul 12.45 Wib. “Kegiatan ini cukup penting, dalam acara ini tidak ada sambutan dari Presiden. Setelah meresmikan, Presiden bertolak menuju Jakarta,” ungkap Sekda.

Agenda MNEK 2016 dari 12-16 April terbilang cukup padat. Pada Selasa (12/4/2016) juga digelar lomba selaju sampan internasional yang dimulai pukul 09.00 Wib di Banjir Kanal.

Di waktu yang hampir bersamaan juga digelar ‘Joy Sailing’ yang diikuti 500 siswa SMA/SMK Kota Padang. Mereka menaiki KRI yang telah disiapkan di Teluk Bayur. “Selain itu juga ada parade 100 perahu,” tutur Sekda.

Selain itu di waktu yang sama dan tempat berbeda, digelar ‘City Tour’. Agenda ini diikuti 20 istri Kasal yang hadir pada Sail Komodo 2016. “Mereka akan berkunjung ke Museum Adityawarnan, Jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumbar, serta Kelenteng. Khusus di Museum Aditywarman, seluruh isteri akan mengenakan pakaian adat Minangkabau dan berfoto bersama,” kata Sekda.

Siang harinya pukul 14.30 Wib digelar Kirab Kota. Peserta kirab yang merupakan seluruh prajurit seluruh negara peserta akan berjalan dari Kantor Gubernur menuju Pantai Cimpago. “Malam harinya akan ada galla dinner di Hotel Grand Inna Muara,” katanya.

Esoknya, Rabu (13/4/2016), peserta MNEK 2016 mengikuti lomba memasak rendang. Kali ini koki seluruh negara peserta akan memasak rendang ikan tuna. “Acara ini digelar di Pantai Cimpago. 100 tungku sudah disiapkan,” tambah Sekda.

Siang harinya digelar eksebhisi selaju sampan prajurit TNI AL sekaligus final antar klub di Banjir Kanal. Begitu juga eksebhisi sepakbola pantai di Muaro Lasak. “Kegiatan ini sengaja kita gelar untuk memupuk rasa kebersamaan,” ujar Nasir Ahmad.

Pada malamnya juga digelar galla dinner di Hotel Bumi Minang. “Di sini dilakukan penyerahan cenderamata kepada Kasal,” sebut Sekda.

Kamis (14/4/2016) pagi digelar funbike yang diikuti warga dan Kasal. Fun bike ini mengambil start di Muaro dan finish di Pantai Cimpago. “MNEK 2016 ditutup di Mentawai pada 16 April,” ujar Sekda.

PALIMO

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

LPMP Sumbar Maksimalkan Pelayanan

SPIRITSUMBAR.com – Guna mempererat tali silaturrahmi dan menyatukan langkah ke depan, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu ...