Beranda - Headline - BNPB : Waspada Banjir Lebih Besar

BNPB : Waspada Banjir Lebih Besar

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengumumkan perkembangan prediksi cuaca terkini dan potensi bencana dalam dua pekan ke depan.

Pernyataan itu dilontarkan Dwikorita Karnawati dalam rapat  Koordinasi Penanganan Dampak Banjir Jabodetabek yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Jakarta, Kamis (2/1/2020)

Rapat juga dihadiri Kepala Bidang Informastika dan Pengendalian BPBD Prov. DKI Jakarta M. Ridwan Ibrahim, Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Tri Handoko Seto.



Simak Video : Potensi Banjir Lebih Besar Hantui Jabodetabek

Dwikorita Karnawati menjelaskan, aliran udara basah dari Timur Afrika diperkirakan menuju wilayah Indonesia. Hal ini dapat mengakibatkan potensi hujan ekstrem pada 10-15 Januari 2020.

Artikel Lainnya

loading…


Selanjutnya, pergerakan aliran udara basah juga masih akan berlanjut pada Januari akhir hingga pertengahan Februari 2020. “Aliran udara basah masuk ke Indonesia diperkirakan pada 10-15 Februari 2020 dan siklus berulang pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020,” ungkap Dwikorita.

Sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem tersebut menurut pradiksi BMKG meliputi Sumatera bagian tengah, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian Selatan hingga Tenggara . Karena itu, masyarakat diminta untuk mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang dapat berpotensi terjadi

Sebagai upaya mengantisipasi potensi bencana dari prakiraan cuaca ekstrem tersebut, BPPT siap membantu menanggulangi banjir besar akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Jabodetabek sejak Selasa (31/12/2019) dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

BPPT akan menggunakan TMC untuk percepatan penurunan hujan. Rencananya BPPT akan menurunkan hujan ke Selat Sunda atau Lampung. Namun jika arah angin ke timur akan di turunkan ke waduk-waduk seperti Jatiluhur dan Jatigede. Untuk membantu proses TMC tersebut BPPT bersama BNPB dan TNI akan mengerahkan 2 jenis pesawat yakni CN295 dan Casa. (*)




 

 

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

BNI Siap Dukung Kegiatan Ketahanan Pangan Polri

Spiritsumbar.com,Jakarta– Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menerima audiensi dan silaturahmi pimpinan Bank Nasional Indonesia ...