Beranda - Headline - BMKG : Gerhana Bulan, Air Laut Bakal Surut

BMKG : Gerhana Bulan, Air Laut Bakal Surut

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Fenomena alam Gerhana Bulan Total akan terjadi, Rabu (31/1/2018) pukul 18.47 wib.

Gerhana ini juga akan menyebabkan surutnya air laut. Namun kemungkinan pasang naik juga patut diwaspadai lantaran gravitasi bulan dan matahari.

“Meskipun fenomena ini merupakan fenomena langka, namun masyarakat harau mewaspadai tinggi pasang laut maksimun hingga mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi bulan dengan matahari,” ujar Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. pada wartawan, Selasa (29/1/2018)

“Fenomena ini pun juga dapat mengakibatkan surut minimum mencapai -100-110 cm yang terjadi pada 30 Januari-1 Februari 2018 di Pesisir: Sumatera Utara, bagian Barat Sumatera Barat, bagian  Selatan Lampung, bagian Utara Jakarta, bagian Utara Jawa Tengah, bagian Utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat,”ujar Dwikorita.

Dwikorita menegaskan bahwa tinggi air pasang maksimum ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

Keseluruhan proses gerhana dapat diamati di Samudra Pasifik serta bagian Timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika. Gerhana ini dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat bulan terbit.

“Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada Pukul 20:29,8 WIB; 21:29,8 WITA; dan 22:29,8 WIT,”ujarnya.

Untuk informasi  BMKG senantiasa membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:call center 021-6546318;http://www.bmkg.go.id; follow twitter @infobmkg;aplikasi iOS dan android “Info BMKG”;atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Isa Kurniawan

Wasit dan Kontestati

Isa Kurniawan, Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar (Kapas) Setelah digelar beberapa pertandingan di Piala Dunia 2018 ...

Pilkada Padang 2018
close
Pilkada Padang 2018
close